101 Warga Ponpes Di Cilacap Kota Terkonfirmasi Covid 19, Satgas Covid Terus Pantau Kesehatan Santri

CILACAP – Hari ini Kamis (31/12) di ujung tahun 2020 terjadi lonjakan kasus konfirm positif Covid 19 di wilayah Cilacap Kota. Penambahan yang cukup dratis tersebut berasal dari satu Pondok Pesantren- Ponpes mahasiswa di Jalan Sumbawa Kecamatan Cilacap Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi dalam rilisnya usai melakukan rapat bersama satgas Covid-19 di Kecamatan Cilacap Tengah Kamis(31/12) menjelaskan, dari 136 warga Ponpes terdapat 101 orang yang dinyatakan positif covid-19. Jumlah tersebut diketahu dari hasil swab PCR pada tangal 21 Des 2020 ditemukan 8 positif, hasil swab ( 24/12) ditemukan 5 positif, dan tgl (26/12) ada 87 positif. Sementara 25 negatif, dan 10 masih menunggu hasil swab.

Dengan adanya kasus tesebut, lanjut dr Pramesti, Satuan tugas Kabupaten Cilacap, Binwil, Satgas Kecamatan dan Jogo Tonggo RW setempat telah mengambil sejumlah langkah. Adapun langkah yang telah dilakukan yakni memisahkan warga ponpes yg negatif di tempat terpisah.
Melakukan isolasi mandiri bagi 87 santri di asrama ponpes, 13 santri isolasi terpusat di hotel @Hom, dan 1 santri dirawat di RSPC. Selain itu juga mencukupi kebutuhan permakanan oleh Dinsos, BPBD, dan tim Jogo Tonggo. Dilakukan pemantauan kesehatan santri dan memandu kegiatan harian selama isolasi seperti Olah Raga ringan, berjemur, dan kegiatan supportif lainnya bersama tim Puskesmas dan Dinas Kesehatan kabupaten Cilacap. Serta memastikan kecukupan segala kebutuhan santri selama isolasi sampai dengan 10 hari semenjak swab.

Seperti kita ketahui dari data update satgas Covid19 Kabupaten Cilacap hari kamis(31/12) dilaporkan penambahan Terkonfirmasi Covid 19 sebanyak 133 orang. Dari jumlah tersebut tersebar di 13 kecamatan. Adapun terbanyak penambahan terjadi di wilayah kecamatan Cilacap Tengah mencapai 101 orang, Cilacap Uatra 7 orang, Cilacap selatan 1 orang, kesugihan 5 orang, Jeruklegi 6 orang. Sedang di Kecamatan Gandrungmangu,wanareja,Sidareja,Patimuan, Cimanggu masing masing bertambah satu orang. Untuk Kecamatan Binagun bertambah 3 orang dan Majenang 4 orang. Sedang untuk pasien Covid 19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 22 orang .(rin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *