15 Ribu Warga Cilacap Belum Memiliki KTP-EL

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan atau PIAK Disducapil Cilacap, Eli Suningsih sedang menyampaikan materinya mengenai sinergitas Disdukcapil dalam pemutahiran data pemilih pemilu 2019 lalu.

CILACAP – Pelaksanaan perekaman KTP-EL yang telah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Cilacap terhadap wajib KTP sejumlah 1,4 juta jiwa, hingga akhir bulan lalu   dinilai mengalami peningkatan. Yakni dengan presentase realiasasinya sekitar 98 persen. Kendati demikian hingga bulan ini Disdukcapil Cilacap masih menyisakan sekitar 15 ribu warga yang belum melakukan perekaman  atau belum terdata sama sekali. Hal tersebut terungkap pada kegiatan evaluasi pemutahiran data pemilih pemilu tahun 2019, di Hotel Dafam, Selasa (12/11/19).

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan atau PIAK Disducapil Cilacap, Eli Suningsih mengungkapkan, kondisi tersebut disebabkan oleh berabagai faktor. Seperti masih tidak adanya kepastian maupun minimnya kuota blanko yang diterima oleh Disdukcapil Cilacap. Yakni terkadang setiap bulan hanya menerima sekitar 500 blanko, atau bahkan baru diterima setiap 3 bulan sekali.  Selain itu rendahnya kesadaran masyarakat Cilacap terhadap perekaman KTP-El juga disinyalir menjadi problem lapangan yang kerap terjadi.

Ia menggambarkan, mayoritas masyarakat yang belum sadar, selama ini melakukan perekaman hanya disaat memiliki kebutuhan untuk bekerja maupun lainnya. Namun kondisi tersebut tidak menjadikan Disdukcapil diam.

“Untuk menggenjot kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam perekaman KTP-EL, Disdukcapil telah melakukan program perekaman KTP-EL dengan cara menjemput bola. Meliputi disetiap wilayah  Kecamatan, blusukan ke sekolah, hingga jemput bola ke wajib KTP-EL yang terkendala fisik dan kesehatannya,” jelas Eli.      

Eli menambahkan, kinerja pelayanan publik Disdukcapil Cilacap yang masuk dalam kategori penilaian sangat baik dan mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2019, katanya akan terus ditingkatkan. Salah satunya dengan menggenjot kinerja pelayanan dan menjamin tidak adanya pemungutan biayaya dalam setiap pelayanannya, khususnya dalam perekaman KTP – EL.

Ia berharap, kedepannya masayrakat Cilacap dapat semakin sadar terhadap pentingnnya melakukan perekaman KTP EL, yakni sebagai salah satu sarana untuk menjamin data kependudukan setiap warga Indonesia.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *