150 Calon Pengawas TPS Cilacap Tengah Dilantik

Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada bulan ini, pihak penyelenggara pemilu Cilacap terus melengkapi semua sisi struktural dari Bawaslu sampai ke Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau PTPS.

Sesuai Pasal 90 ayat 2 Undang-undang tentang Pemilu, PTPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara. Dan dibubarkan paling lambat 7 hari setelah pemungutan suara. Pengawas TPS diseleksi dan ditetapkan dengan keputusan Panwaslu Kecamatan.

Untuk wilayah Cilacap Tengah, sebanyak 150 calon PTPS Senin pagi dilantik dan dilanjutkan dengan pembekalan melalui bimbingan teknis dari Panwascam setempat. Materi terkait tugas pokok PTPS pada Pilgub mendatang.

Ketua Panwascam Cilacap Tengah – Mahruri saat ditemui Bercahaya FM mengatakan, PTPS menjadi ujung tombak netralisme pada Pilgub mendatang. Dalam pelaksanaanya, PTPS juga mendapatkan uang transport yang berasal dari anggaran APBD Jawa Tengah. Hal tersebut bertujuan untuk memacu semangat kinerja para petugas dilapangan.

Mahruri menambahkan, pada pelantikan tahun ini terdapat 30 persen peserta yang berasal dari pendaftar lama, sisanya merupakan hasil seleksi baru. Hal tersebut dikarenakan persyaratan menjadi PTPS tahun ini diperketat yaitu minimal harus memiliki ijazah SMA sederajat. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *