Kemenag Cilacap Pastikan Isra Miraj 14 April

Isra Miraj adalah hari libur besar yang dirayakan oleh lebih dari 80 persen dari total penduduk Indonesia. Isra Miraj dirayakan pada hari ke 27 di bulan Rajab atau bulan ke 7 dalam Kalender Islam.

Di tahun 2018 ini, hari itu akan jatuh pada pertengahan bulan April ini. Namun demikian masih banyak masyarakat Cilacap yang belum memahami karena adanya perbedaan penanggalan pada sejumlah kalender. Ada kalender yang menyebutkan Isra Miraj jatuh pada Jumat 13 April. Dan kalender lain ada yang menyebut hari Sabtu tanggal 14 April.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Seksi penyelenggara Syariah pada Kantor Kementerian Agama Cilacap, Thoha menjelaskan Isra Miraj jatuh pada tanggal 14 April 2018. Dasarnya adalah penghitungan hisab, tanggal 30 dari bulan Jumadil Akhir yang ditetapkan pada 18 Maret lalu. Hal tersebut dikarenakan hilal belum terlihat sehingga dilakukan istikmal atau pembulatan penanggalan bulan Jumadil Akhir menjadi 30 hari dan menjadikan Isra Miraj jatuh pada 14 April.

Thoha menjelaskan pada hari Isra Miraj tidak ada kewajiban apapun. Namun demikian masyarakat umumnya umat Islam diminta lebih meningkatkan ibadahnya. Sebab pada bulan tersebut merupakan salah satu bulan yang dimuliakan.(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *