Warga Keberatan Penutupan Perlintasan Kereta Jalan Kawi

Kabar rencana penutupan jalur perlintasan Kereta Api di Jalan Kawi Kota Cilacap tampaknya tak bakal terwujud. Sebab, pihak Kelurahan Sidanegara yang memiliki wilayah ini sudah melayangkan surat ke PT.Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto dan dinas instansi terkait soal keberatan penutupan perlintasan tersebut.

Lurah Sidanegara – Bambang Wahyu Wibowo kepada media menyampaikan/ sebelum melayangkan surat/ pihaknya lebih dulu menerima keberatan dari sejumlah warga yang berada di sekitar jalan Kawi Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap tengah. Bahkan warga dengan tegas menolak penutupan perlintasan Jalan Kawi karena sejumlah alasan. Diantaranya, penutupan Jalan Kawi akan membuat jarak tempuh yang jauh dan bisa memperlambat laju aktifitas pekerja maupun pelajar dan masyarakat umum.

Pihak Kelurahan Sidanegara sendiri menyayangkan rencana penutupan yang tidak melalui musyawarah terlebih dahulu dan hanya sebatas surat saja.

Menurut Bambang, salah satu solusi dari persoalan itu adalah menerapkan palang pintu dan penjaganya. Dan solusi inipun harus melalui musyawarah dari dinas instansi terkait karena konsekuensi anggaran.

Sementara Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto – Ixfan Hendriwintoko menegaskan, kewenangan PT KAI hanya sebatas menjaga keselamatan perjalan kereta. Terkait dengan perlintasan, menjadi kewenangan pemerintah. Namun pihaknya tetap mengkaji surat keberatan yang disampaikan oleh Kelurahan Sidanegara. (Adhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *