Target Surplus Beras Dioptimalkan Tupoksi DKP

Untuk meningkatkan keamanan dan ketersediaan pangan di wilayah Kabupaten Cilacap, Pemkab melakukan koordinasi antar komponen yang terlibat dalam Dewan Ketahanan Pangan. Sebab persoalan keamanan dan ketersediaan pangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, BUMN, BUMD dan masyarakat. Oleh karena itu, semua pemangku kepentingan dibidang ini dituntut menyatukan gerak dan langkah, untuk memantapkan ketahanan pangan di Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji dalam rakor Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Cilacap tahun 2018 beberapa hari lalu mengatakan, rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Cilacap dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antar komponen, serta dapat digunakan sebagai sarana evaluasi program – program yang telah dilaksanakan.

Bupati menggambarkan ketersediaan pangan di Cilacap dapat dilihat melalui sejumlah aspek. Antara lain aspek ketersediaan pangan khususnya beras. Dalam aspek ini, Kabupaten Cilacap di tahun 2017 total produksi padi hampir mencapai 900 ribu ton gabah kering atau setara dengan sekitar 550 ribu ton beras, dan mengalami surplus beras sebesar 360 ribu ton lebih.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap tahun ini kembali mengalami peningkatan produksi. Untuk meraih harapan tersebut Bupati meminta seluruh anggota Dewan Ketahanan Pangan dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan mengoptimalkan tupoksinya. (lut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *