Ribuan Surat Suara Pilgub Jateng Rusak

Setelah empat hari melakukan kegiatan penyortiran surat suara untuk Pilgub Jateng 2018, Komisi Pemilihan Umum – KPU Cilacap mendapati ribuan surat suara dalam kondisi rusak.

Kasubag Umum dan Logistik KPU Cilacap – Suprayitno menyebutkan, surat suara yang diterima dari KPU Provinsi total sekitar 1,4 juta lembar. Jumlah itu diperoleh dari data Daftar Pemilih Tetap ditambah 2,5 persen cadangan di setiap TPS.

Menurut Suprayitno, tahap sortir ditargetkan memakan waktu maksimal 10 hari ke depan. Dari penyortiran dan pelipatan ditemukan kerusakan pada surat suara sebanyak lebih dari 1.300 lembar.

Lebih lanjut Suprayitno menjelaskan, secara keseluruhan faktor kerusakan surat suara Pilgub Jateng yang ditemui KPU Kabupaten Cilacap antara lain terdapat bercak tinta, gradasi warna, gambar berbayang dan salah potong.

Suprayitno menambahkan terhadap surat suara yang rusak nantinya KPU Cilacap akan melaporkan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan gantinya.
Untuk diketahui Pilgub Jawa Tengah 27 Juni 2018 diikuti 2 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, masing-masing nomor urut 1 Ganjar Pranowo – Taj Yasin dan nomor urut 2 Sudirman Said – Ida Fauziyah. (Grh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *