Trans Nusa Segera Beroperasi di Tunggul Wulung

Aktifitas Bandara Tunggul Wulung Cilacap dalam waktu dekat dipastikan semakin meningkat menyusul rencana beroperasinya pesawat dari Maskapai PenerbanganTrans Nusa. Maskapai baru ini makin menambah jam terbang komersial Tunggul Wulung yang selama ini hanya dimanfaatkan oleh Susi Air dan digunakan latihan sejumlah sekolah penerbangan. Rencanya, pesawat dari Trans Nusa mulai membuka layanan penerbangan komersil pada 9 Juni mendatang.

Rute yang disediakan oleh maskapai baru ini, Jakarta – Cilacap – Semarang pulang pergi. Pada tahap awal untuk jadwal penerbangan baru disediakan tiga hari, yaitu pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap – Tulus Wibowo menyampaikan, Trans Nusa menjadi alternatif masyarakat yang akan berpergian ke Jakarta – Semarang atau sebaliknya. Apalagi menurut dia, kondisi saat ini jalur lalu lintas darat semakin padat.

Pesawat Trans Nusa terbang dari Halim Perdana Kusuma Jakarta pada jam 07 pagi, dan 40 menit kemudian tiba di Tunggul Wulung. Selanjutnya dari Cilacap menuju ke Jakarta pada jam 09.40 pagi.

Maskapai Trans Nusa beroperasi menggunakan pesawat jenis ATR 72 dengan kapasitas 70 tempat duduk. Akan tetapi hanya akan diisi 50, sehingga membuat penumpang lebih nyaman dalam penerbangan. Sementara dari tarif yang ditetapkan menggunakan tarif atas dan bawah, yaitu penentuan harga mengikuti permintaan pasar.

Terkait dengan landasan pacu di Bandara Udara Tunggul Wulung, Tulus mengatakan, sudah sangat representatif. Karena untuk jenis ATR 72 membutuhkan panjang landasan pacu minimal 1.260 meter sedangkan di Bandara Udara Tunggul Wulung landasan pacu yang tersedia sepanjang 1.400 meter. Bahkan kedepanya direncanakan akan ditambah 400 meter untuk memberikan keamanan maupun kenyamanan maskapai yang beroprasi. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *