Lansia sehat, lansia Bahagia 2018 meriah di Cilacap

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018 menjadi momentum kebangkitan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu dimulai dari keluarga.  “Kita harus dapat mengambil suri tauladan pola hidup sehat yang dicontohkan oleh para lansia.” jelas Wakil Bupati Samsul Aulya Rahman

Sehat harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup sehat, sehingga nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud Lansia yang sehat, mandiri dan produktif. Pesan moral tersebut, juga terungkap pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 23 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018, Jumat pagi di Obyek Wisata Benteng Pendem Cilacap. Sesuai tema Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia, acara berlangsung meriah, diwarnai dengan Senam Masal Lansia diikuti oleh ratusan Lansia dari 24 Kecamatan di wilayah kabupaten Cilacap. Gerak jalan Sehat diikuti 39 team peserta dan lomba fasion show dimeriahkan oleh 25 orang lansia utusan dari kecamatan. Sedangkan, untuk memberikan penghargaan kepada para lansia yang hadir juga dilaksanakan pencabutan doorprize, pemeriksaan kesehatan gratis, bazar dan hidangan beragam jajanan lokal. Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulya Rahman, di sela-sela acara tersebut, kepada wartawan menjelaskan, generasi muda hendaknya dapat mengambil suri tauladan pola hidup sehat yang dicontohkan oleh para lansia.

Sementara menjawab pertanyaan wartawan mengenai terbatasnya kapasitas panti-panti jompa atau wredatama yang ada di Cilacap, Wakil Bupati Samsul Aulya Rahman mejelaskan, pihaknya akan berupaya mencari panti serupa milik masyarakat maupun swasta, atau membangun panti-panti sendiri yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Cilacap.

Namun Samsul Aulya Rahman mengakui, perencanaan pembangunan panti-panti Sosial tersebut dapat direalisaiskan, sejalan dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah_PAD sebagai salah satu sumber pendanaan pembangunan infra struktur kemasyarakatan di Kabupaten Cilacap. (ap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *