Pemasangan Atribut Kampanye Dinilai Semrawut

Pelaksanaan pemilu pada tahapan pemasangan atribut kampanye di Cilacap dinilai kurang optimal dan terkesan semrawut. Pasalnya pemasangan APK alat peraga kampanye sejauh ini tidak mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU. Demikian disampaikan Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga PHL Bawaslu Kabupaten Cilacap, Warsid, usai rakor dan sosialisasi pengawasan pemilu, di Hotel Dafam, Kamis pagi.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan tim pengawas lapangan Bawaslu, berbagai Parpol tidak mengetahui terkait pemasangan APK yang dilakukan oleh Caleg. Hal tersebut menurutnya merupakan bukti adanya kordinasi antara Caleg dan Parpol yang belum terlaksana dengan baik.

Sehingga pemasangan APK yang tidak terdata dengan baik dinilai tersebut nantinya berpotensi menimbulkan pelanggaran kampanye, yaitu antara lain berkaitan dengan jumlah APK disuatu wilayah dan timbulnya pemasangan APK ditempat terlarang.

“Laporan dari tim pengawasan lapangan, sampai saat ini banyak APK berbentuk baliho terpasang dengan jumlahnya yang melebihi dari ketentuan, bahkan ditemui juga spanduk yang terpasang ditempat tidak semestinya yaitu di pohon anyoman,”imbuhnya.

Pihaknya berharap, kedepanya Parpol dapat berkordinasi dengan baik kepada masing – masing Calegnya. Sehingga pemasangan APK yang terkesan semrawut dapat diminimalisir keberadaanya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *