Diluncurkan Program Rindu Keluarga, 3 Jam Tanpa Gadget

BERCAHAYA FM. Dengan segala kelebihannya, kehadiran tekonologi gadget memiliki dampak negatif pada hubungan lingkungan keluarga. Komunikasi menjadi terhambat, lantaran gadget seolah menjadi pilihan utama sebagai menu keseharian oleh setiap anggota keluarga. Al hasil, jarak komunikasi dalam keluarga dan lingkungan sekitar menjadi berkurang.
Pemkab Cilacap menempuh cara untuk mengatasi persoalan tersebut dengan meluncurkan program Rindu Keluarga.

Plt Kepala Dinas KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cilacap Arida Puji Hastuti menandaskan, program ini memang dilatarbelakangi oleh keprihatinan semakin berkurangnya waktu interaksi di lingkungan keluarga.

“Ini riil terjadi hampir disemua keluarga. Kebanyakan lebih mementingkan berurusan dengan smartphone ketimbang komunikasi dengan orang di rumah. Bisa saja, berkumpul,tetapi istilahnya dekat di mata jauh di hati” tutur Arida.

Oleh karenanya, program Rindu Keluarga ini diharapkan dapat memberikan penyadaran bagi setiap anggota keluarga atau masyarakat secara umum untuk menghentikan penggunaan gadget dalam waktu tertentu. “Program ini diterapkan selama tiga jam mulai 6 sore sampai jam 9 malam. Kalau benar-benar diterapkan, maka rentang waktu ini bisa memperbaiki kualitas komunikasi keluarga tanpa adanya gadget” jelasnya.

Dikatakan, Rindu Keluarga merupakan program kearifan lokal yang diluncurkan pertama kali di Kampung KB Perkasa RW 6 Kelurahan Gunung Simping Kecamatan Cilacap Tengah . Harapannya, program ini menular ke wilayah lain hingga semua masyarakat menyadari arti pentingnya hubungan keluarga dan tidak mengutamakan penggunaan teknologi gagdet seperti smartphone. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *