Nelayan Cilacap Bakal Diberi Pelatihan dan SKK Gratis

Kecelakaan laut yang dalam beberapa tahun terjadi dan menimpa nelayan Cilacap, dituding akibat human eror atau kelaian manusia dalam hal ini nelayannya. Rendahnya SDM ini menjadi indikator kualitas pelayaran Cilacap yang saat ini masih membutuhkan peningkatan.

Sejumlah pihak berupaya membenahi persoalan ini dengan menyentuh kalangan nelayan. Salah satunya HNSI yang bekerjasama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan – KSOP Tanjung Intan Cilacap berencana membekali ketrampilan dan kecakapan bagi dengan dengan mengadakan pelatihan di Semarang.

Kepada Bercahaya FM Ketua HNSI Cilacap – Sarjono mengatakan, ada sebanyak 200 nelayan yang telah didata dan nantinya diberi kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dan SKK gratis. SKK yang dimaksud merupakan surat kecakapan melaut, dengan kategori jarak melaut 30 sampai 60 mil.

“Kalau sudah lengkap dari segi kelengkapan nantinya nelayan juga tidak akan terbentur dengan peraturan yang ada, selain itu dengan membekali sejumlah pelatihan akan menambah pemahaman kepada nelayan sendiri pentingnya kelengkapan SKK dan PAS Kecil maupun keterampilan dalam melaut,” ungkapnya.

Sarjono berharap, seluruh nelayan Cilacap dapat mengikuti program pelatihan dan SKK gratis tersebut. Sehingga secara dokumen terlengkapi dan kualitas SDM nelayan semakin meningkat. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *