Tertibkan APK, Bawaslu Gandeng Pemkab

Badan Pengaws Pemilu – Bawaslu Cilacap gendar melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye atau APK yang melanggar ketentuan. Hanya saja dalam penertibannya, Bawaslu kerap menemui kendala. Antara lain, terdapat pemasangan APK yang sulit dari jangkauan penertiban karena posisi letaknya diketinggian. Lainnya, ada APK berbayar tetapi ditemukan pemasangannya melanggar aturan tempat.

Bawaslu menanggapi hal tersebut dengan serius. Diantaranya kini menggandeng sejumlah pihak untuk membantunya. Salah satunya kerjasama dengan dinas terkait di Pemkab Cilacap dan aparat keamanan.

Ketua Bawaslu Cilacap – Bachtiar Hastiarto mengatakan, kerjasama ini memiliki landasan hukum yakni Undang – Undang nomor 7 tahun 2017. Pola kerjasama ini diharapkan mengoptimalkan hasil penertiban yang dilakukan pihaknya.

“Kami menggandeng Pemkab Cilacap, melalui Sekda nanti ditentukan Dinas mana yang bakal membantu kami, seperti Satpol PP, Disperkimta dan lainya yang sebelumnya telah bersinergi dengan Bawaslu,” ujarnya.

Bachtiar menambahkan, timnya terus memantau lapangan dan menertibkan APK yang diketahui melanggar aturan. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *