KPU Terima Kiriman Logistik Pemilu

KPU Cilacap mulai menerima kiriman logistik untuk Pemilu 2019. Sejauh ini logistik yang telah diterima antara lain kotak suara, bilik suara, tinta, sampul dan segel.

Komisioner KPU Cilacap – Mughni mengatakan, pengiriman beberapa logistik yang sudah diterima pihaknya saat ini ada yang hampir mencukupi kebutuhan, seperti kotak suara yang kebutuhannya sekitar 29.600 buah dan botol tinta dengan kebutuhan total sekitar 11 ribu 700 buah. Sedangkan untuk bilik suara, dari kebutuhan sebanyak 23 ribu lebih, baru dikirim sebanyak 4.800 buah. Meski demikian katanya, KPU masih memiliki bilik yang layak untuk digunakan kembali yakni sekitar 18.500 buah. Artinya, jika digabung dengan pengiriman yang baru, maka jumlahya sudah hampir mencukupi.

Lebih lanjut, Kotak suara dan bilik suara untuk Pemilu 2019 mendatang menggunakan material berbeda dari Pemilu sebelumnya. Kali ini menggunakan kardus dengan ukuran tebal. Tetapi material tersebut diklaim cukup kuat, bahkan ketika dilakukan uji coba mampu menahan beban orang dewasa. Selain itu kotak suara yang ada telah dilapisi plastik khusus yang tahan terhadap air dan kelembaban udara.

“Berdasarkan ketentuan sudah ditetapkan menggunakan bahan kardus dan dilengkapi dengan lapisan plastik khusus. Selain itu dengan ketentuan menggunakan sarpras yang ada saat ini merupakan salah satu bentuk transparansi dari pemilu serentak,” jelasnya.

Sementara dari ribuan segel dan sampul saat ini sedang menjalani tahap penyortiran kelayakan, untuk memenuhi kebutuhan Kabupaten Cilacap sebanyak 515.377 segel dan sampul. Sekitar 68 ribu segel rencananya bakal dikirimkan disetiap TPS di Cilacap.

“Untuk kotak suara berjenis alumunium saat ini dalam tahap lelang untuk selanjutnya diserahkan kembali ke pusat,” imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *