Disdukcapil Bersiap Luncurkan Aplikasi Berbasis Online

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil – Disdukcapil Kabupaten Cilacap bersiap meluncurkan program pelayanan perekaman E-KTP berbasis internet. Sebuah aplikasi yang dibangun sebagai fasilitas pelayanan dari mulai pendaftaran hingga pendataan pembuatan E-KTP.

Ditemui Bercahaya FM, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil – Edi Wibowo mengatakan, pengadaan aplikasi berbasis online ini merupakan inovasi dalam mempercepat proses pelayanan perekaman E-KTP. Harapannya, fasilitas baru ini semakin memudahkan masyarakat pemohon untuk mendapatkan kartu identitas kependudukan yang lebih efektif. Baik memangkas birokrasi maupun efisiensi biaya.

Selain meluncurkan aplikasi berbasis online, Disdukcapil mengoptimalkan program jemput bola dengan mengambil blangko E-KTP secara langsung ke Jakarta. Cara ini diklaim lebih menguntungkan ketimbang harus menunggu antrian distribusi.

“Nanti hampir semua pelayanan akan melalui online, seperti pembuatan E-KTP, pendaftaran pindah masuk maupun keluar, namun bertahap dari mulai akta kelahiran , kematian dan pelayanan pindah masuk”,ungkapnya.

Edi kembali berharap, layanan pendaftaran E-KTP online semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memiliki identitas kependudukan. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *