Disperkimta Gencar Rabas Pohon Peneduh

Menyusul kasus tewasnya seorang warga Cilacap akibat tertimpa pohon peneduh dipinggiran Jalan Kalimantan, dinas terkait kembali melakukan perabasan pepohonan anyoman jalan. Seperti yang dilakukan disepanjang Jalan Katamso Cilacap dan beberapa jalur protokol lainnya.

Kepala Disperkimta Cilacap – Sunarno mengatakan, perabasan pepohonan peneduh tersebut dilakukan selektif. Artinya, petugas akan melihat kerawanan dan usia pohon anyoman. Jika dirasa menganggu dan rawan tumbang karena cuaca ekstrim, maka dirabas.

Kendati demikian, pemangkasan pohon itu tidak bisa maksimal karena terkendala perizinan, terutama pemangkasan untuk pohon yang ditanam oleh pihak ketiga. Seperti yang ditanam disepanjang jalan Juanda milik PT Holcim.

“Seluruh pohon yang berada disepanjang jalan Kabupaten merupakan tanggung jawab Disperkimta, namun yang ditanam oleh masyarakat dan pihak ketiga kami tidak bisa memotongnya secara langsung. Tapi jika oleh pihak ke tiga diberikan perizinan maka akan kami rabas atau potong,”ungkapnya.

Sunarno mengajak masyarakat untuk ikut membantu memberikan informasi kepada pihaknya, jika diwilayahnya atau sepanjang jalan menemukan pohon yang dinilai membahayakan. Dengan demikian, Disperkimta bisa bergerak cepat untuk mengatasinya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *