Saudi Aramco Mulai Gelar CSR di Cilacap

Rencana pembangunan kilang Pertamina dalam Proyek Refinery Development Master Plan atau RDMP Cilacap yang bekerjasama dengan Saudi Aramco hingga kini belum juga ada kejelasan. Padahal proyek ini sudah digagas sejak 2015 dengan ditandatanganinya Heads of Agreement antara PT Pertamina dengan Saudi Aramco pada November 2015.

Namun demikian, hari Sabtu ini, pihak Aramco Saudi mulai turun ke Cilacap untuk menyambangi masyarakat dalam program tanggungjawab sosialnya, CSR atau Cooporat Social Responsilbity. Di Alun-alun Cilacap, Aramco menggelar kegiatan Semarak Aramco Healthy Kids Nation yang melibatkan ribuan anak sekolah dan para orang tua. Dari senam massal bersama, ada stand pameran hingga pemberian doorprize kepada para peserta.

Tak cukup sampai disini, Aramco juga menyambangi sejumlah madrasah dan pondok pesantren di Cilacap untuk menyerahkan bantuan. Bahkan Direktur Pelaksana Aramco Asia Singapura – Mr. Nader Al-Faraj datang langsung dalam kegiatan ini. Acara Aramco di Cilacap pagi tadi menggandeng Yayasan Kusuma Buana.

Dengan didampingi Sekda Cilacap –Farid Ma’ruf dan sejumlah pejabat Pemkab Cilacap, Nader Al-Faraj menggelar konferensi pers. Sayangnya saat disinggung soal kelanjutan dan progres kerjasama Aramco Saudi untuk Kilang RDMP Pertamina Cilacap, ia tidak banyak memberikan komentar. Melalui juru bicaranya – Joedo Prihartono dari Yayasan Kusuma Buana, Nader mengatakan, realisasi joint venture atau kerjasama dengan Saudi Aramco masih menunggu hasil diskusi dari Pertamina sebagai pemilik kilang.

Disisi lain Sekda Cilacap menegaskan, jika saat ini proses pembebasan tanah untuk lahan pembangunan pengembangan kilang dalam RDMP itu sudah berjalan, dan telah ada penilaian dari tim appraisal. Hanya saja saat ini katanya masih ada sejumlah kendala untuk menyelesaikan pembebasan tanah tersebut. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *