Angka Kemiskinan Cilacap Menurun

Angka kemiskinan di Cilacap turun dari 13,94 persen di tahun 2017 menjadi 11,25 persen di tahun 2018 lalu, atau masih terdapat sebanyak 193.182 jiwa. Angka tersebut lebih rendah dari Provinsi Jawa Tengah sebesar 11,33 persen dan masih di atas rata-rata angka kemiskinan nasional sebesar 9,82 persen.

Kendati mengalami penururnan, namun masih ada 71 desa yang tingkat kesejahteraannya rendah atau miskin. Dari jumlah tersebut 8 desa tingkat kemiskinan tinggi, dan selebihnya sedang dan rendah. Delapan desa yang masih rendah tingkat kesejahteraannya yakni, Desa Binangun Kecamatan Bantarsari, Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu, Desa Jenang, Pahonjean dan Salebu Kecamatan Majenang, Desa Gentasari Kecamatan Kroya, Desa Adimulya dan Limbangan Kecamatan Wanareja.

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Wasi Ariyadi mengatakan, kondisi puluhan desa yang dikategorikan miskin memerlukan penanganan tepat. Salah satunya pembangunan Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH baik melalui APBD maupun program CSR oleh sejumlah perusahaan yang berada di Cilacap. Selain itu pengembangan Ruang Terbuka Hijau RTH juga diperlukan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat melalui sarana fasilitas publik.

“Diakuisisinya PT Holcim Indonesia Tbk menjadi PT Solusi Bangun Indonesia, perusahaan tersebut diharapkan mampu bersinergi dengan program Pemkab Cilacap. Salah satunya adalah efesiensi waktu dalam mengambil kebijakan serta memberkan keputusan program CSR,” imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *