Bawaslu Nilai Bupati Cilacap Kooperatif

Sementara Bawaslu Cilacap mengapresiasi langkah Bupati Tato yang dinilai telah kooperatif dalam memenuhi panggilannya. Termasuk bupati menjawab 22 pertanyaan yang diberikan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cilacap – Bachtiar Hastiarto mengatakan, pemanggilan Bupati Cilacap merupakan instruksi Bawaslu Provinsi setelah adanya laporan masuk yang ditujukan kepada Ganjar Pranowo. Sedangkan hasil klarifikasi yang diterimanya bakal diserahkan ke tingkat Provinsi.

Ia menambahkan, berdasarkan peraturan yang ada, pernyataan Bupati Cilacap yang mendukung kubu Pertahana, Jokowi – Amin, diklaim diperbolehkan. Sebab pelarangan hanya untuk kalangan PNS, TNI POLRI. Sementara Bupati Cilacap, kedudukanya dinilai sebagai pejabat politik. Kendati demikian, pejabat politik juga memiliki batasan yang harus dipatuhi.

Salah satunya melakukan kampanye atau memberikan dukungan hanya diperbolehkan pada waktu hari libur kerja.

“Jadi ketentuanya pejabat politik itu memang boleh, cuma memang ada batasanya yaitu tidak diperbolehkan menggunakan anggaran pemerintahan, dan diperbolehkan kampanye pada hari libur atau cuti,” jelasnya.

Bachtiar menambahkan, nantinya hasil pertemuan Bawaslu dengan Bupati Cilacap bakal diserahkan dan ditindaklanjuti Bawaslu Provinsi Jateng. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *