Didorong Pengembangan Literasi di Masyarakat

Sebagai wilayah yang dikenal dengan Kota Industri dan menjadi pusat kegiatan nasional, Kabupaten Cilacap dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia diantaranya dengan pengentasan buta huruf serta peningkatan pendidikan bagi kalangan muda usia pendidikan.

Upaya ini dengan pengembangan literasi yang diklaim menjadi bagian penting untuk mendukung program pembangunan di Cilacap. Hanya saja untuk pengembangan ini dibutuhkan sarpras pendukung, seperti pada fasilitas pelayanan perpustakaan untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Cilacap – Supriyanto mengatakan, dalam waktu dekat 16 Desa di Cilacap bakal didorong untuk mengembangkan budaya literasi dengan pembangunan fasilitas Perpusdes. Program ini didanai melalui APBDes. Selain itu pihaknya mendukung dengan fasilitas mobil perpustakaan keliling dan E – Pusda.

“Tahun ini kita diminta melakukan replikasi sebanyak 16 desa, salah satunya Sidareja. Jadi dari keseluruhan 12 perpusru dan 16 diantaranya replikasi perpusru,” jelasnya.

Supriyanto sempat menggambarkan, minat baca masyarakat Cilacap terus meningkat, salah satu indikatornya adalah pengujung Perpusda yang dalam satu tahun, 2018 lalu mencapai 42 ribu orang lebih dari berbagai kalangan.

“Pengembangan literasi di Kabupaten Cilacap diharapkan semakin optimal untuk menumbuhkan generasi milenial yang cerdas, imbuhnya,.” (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *