Swasta Digandeng Genjot Kualitas Pendidikan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bakal menggandeng swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Direncanakan kerjasama dengan Tanoto Foundation dengan menggarap berbagai program pelatihan dalam waktu selama tiga tahun. Sasarannya adalah para kepala sekolah, komite dan para tenaga pendidik di tingkat SD maupun SMP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap – Budi Santosa mengatakan, tawaran kerjasama dalam lingkup pendidikan tersebut dinilai cukup positif untuk mendongkrak kualitas pendidikan dasar diwilayahnya. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan segera menindaklanjutinya.

Budi Santoso sempat berkaca dengan keberhasilan beberapa daerah lain di Jawa Tengah yang menerapkan program serupa, seperti Kendal dan Kabupaten Wonogiri. Terlebih kerjasama tersebut bersifat non APBD. Meski demikian, kerjasama yang bakal terjalin akan melalui tahap evaluasi pada kurun waktu tertentu pelaksanannya.

“Kita akan pelajari dulu tentunya sekema kerjasamanya dan mekanisme maupun tanggung jawab masing – masing seperti apa. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik dan pak Bupati juga sudah menyambut baik, sehingga harus di Follow Up dengan mempelajari mekanisme kerjasamanya secara normatif. Terlebih program kerjasama tersebut sangat baik dengan dasar non APBD”, jelasnya.

Sementara itu koordinator Provinsi Program PINTAR Tanoto Foundation Jawa Tengah – Nurkolis mengatakan, dalam kerjasama ini pihaknya lebih teknis pada urusan pendanaan. Sedangkan SDM berasal dari Pemkab Cilacap. Selain itu penerapan pilot project pendidikan dilakukan dengan mengikuti hasil rekomendasi dari pihak dinas terkait.

“Untuk menggenjot nilai peserta didik nantinya Tanoto Foundation bakal memberikan program stimulan, salah satunya seperti menggugah minat baca dengan membentuk pojok baca disetiap kelas,” ungkapnya.

Nurkolis menargetkan, dalam satu tahun, dari ribuan sekolah dasar yang nantinya menjadi pilot project mampu menunjukan progres positif yang cukup signifikan. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *