Direncanakan Lagi Pembangunan Gedung Kesenian

Pemkab Cilacap dinilai belum serius untuk mendukung potensi seni dan budaya di wilayahnya. Indikatornya adalah, hingga saat ini para pelaku seni budaya di Cilacap belum memiliki wadah untuk berkarya seperti fasilitas Gedung Kesenian dan Budaya. Padahal fasilitas ini sudah pernah diwacanakan sejak beberapa tahun lalu, tetapi sampai sekarang belum juga terealisasi. Padahal dalam perkembangannya, Cilacap banyak melahirkan seniman berkelas, salah satunya Nasirun asal Desa Doplang Adipala yang mendunia dengan karya seni lukisanya.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Cilacap – Syamsul Aulia Rahman menyatakan, dari perencanaan tahun 2018 lalu, pembangunan Gedung Kesenian itu masih terganjal minimnya anggaran Pemkab. Ia menjanjikan bakal menindaklanjuti pada tahun 2019 ini dengan mengalokasikan dana yang ada untuk pembangunanya. Namun demikian, terdapat alternatif lain yakni menggunakan aset pemda berupa gedung atau ruangan yang belum terpakai.

“Saya sedang mencari dan sudah menyampaikan kepada ketua dewan kesenian dan akan melihat ada aset pemda yang dapat direnovasi dan digunakan untuk gedung kesenian,” ungkapnya.

Syamsul menambahkan, nantinya setelah dibangun, seluruh seniman dan budayawan sukses asal Cilacap bakal dilibatkan untuk terjun langsung dalam mengembangkan dan memanfaatan gedung seni budaya tersebut secara optimal. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *