HUT Cilacap Momentum Evaluasi Kinerja Pemkab

Kinerja Pemkab Cilacap dinilai masih perlu digenjot. Indikatornya adalah belum optimalnya kualitas Sumber Daya Manusia dan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, kolaboratif, demokratis, efisien, efektif dan akuntabel. Selain itu diperlukan pengembangan perekonomian dan inovasi daerah. Sebab tingkat pengangguran dan kemiskinan di Cilacap saat ini dinilai masih cukup tinggi, dan masih ditemui sejumlah persoalan seperti kualitas dan ketersediaan infrastruktur wilayah yang belum optimal. Demikian disampaikan Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji dalam sambutanya pada Rapat Paripurna Istimewa HUT Cilacap ke 163, di Gedung DPRD, Kamis (21/03/19) pagi.

Menurut Bupati, untuk mengatasi persoalan dan isu strategis tersebut, beberapa kebijakan dan prioritas pembangunan bakal digenjot. Seperti pada 2019 ini dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana kesehatan dasar yang menjadi rujukan perwujudan masyarakat sehat. Program ini difokuskan dengan mewujudkan sarana pelayanan dasar yang berkualitas, sarana rujukan yang berkualitas, pola hidup bersih dan sehat, serta pemberian rahabilitasi sosial pada penyandang masalah kesejahteraan sosial. Dalam kebijakan ini dibarengi dengan pembangunan puskesmas rawat inap dan pembentukan Kampung Kesehatan.

Berikutnya, pembangunan bidang ekonomi turut difokuskan dengan pengembangan Desa wisata dan Desa Inovasi serta pembangunan pasar rakyat dan peningkatan sarpras pertanian. Sedangkan pembangunan Infrastruktur diprioritaskan pada pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan akses air minum dan ruang terbuka hijau.

“Untuk lebih meningkatkan capaian prioritas tersebut dan meningkatkan kualitas perencanaan maupun penganggaran pembangunan daerah, Pemkab Cilacap bakal berusaha meningkatkan kualitas belanja berbasis kinerja, efektif, efesien, transparan dan akuntabel. Peningkatan ini dibarengi dengan mengutamakan belanja publik, produktif yang memberikan dampak multiplier tinggi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *