Perilaku Budaya Bersih Dan Sehat Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

Yayasan Kusuma Buana Jakarta yang didukung Aramco, menggelar kegiatan seminar bertajuk Pentingnya Membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat siswa dan santri, di Gedung Jalabumi Pemkab Cilacap, Selasa pagi.

Ketua Yayasan Kusuma Buana, Yudo Tri Harsono selaku penyelenggara mengungkapkan, seminar tersebut merupakan bagian dari Program Aramco Healthy Kids Healthy Nation periode I 2018 – 2019 di wilayah Kabupaten Cilacap. Peserta seminar diikuti mitra program tersebut yakni 17 Sekolah Dasar, 1 Madrasah ibtidaiyah dan 2 Pondok Pesantren.

Kegiatan program Healthy Kids Healthy Nation yang sudah berjalan berupa penyuluhan kesehatan untuk siswa, santri, orang tua murid dan pelatihan untuk guru, ustad. Kegiatan ini dilengkapi dengan dukungan fisik berupa sarana untuk hidup bersih dan sehat melalui perbaikan sarana cuci tangan, MCK dan warung sekolah.
Selain itu, program juga memberikan fasilitas pengembangan kebun sekolah dalam bentuk kebun sayuran (hidroponik), yang hasilnya dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dan bisa diolah dan dikonsumsi siswa dan santri.

Tujuan dari seminar adalah menyampaikan hasil yang dicapai selama program Aramco Healthy Kids Healthy Nation. Seminar juga untuk meningkatkan pemahaman pihak-pihak terkait tentang pentingnya budaya perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan siswa sekolah dan santri pondok pesantren sebagai generasi penerus.

Seminar sehari di buka Bupati Cilacap yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dokter Marwoto. Dengan menghadirkan dua narasumber masing-masing

Kepala Dinas Pendidikan Cilacap Drs. Budi Santosa yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Nunung Sugiyono dan Dekan FKKMK UGM Prof.dr. Ova Emilia. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *