Diresmikan Klinik Rawat Inap PMI Cilacap

Pusat pelayanan kesehatan dengan fasilitas klinik rawat inap khususnya diwilayah pinggiran kota Cilacap dinilai masih sangat minim. Kondisi tersebut membuat masyarakat terpaksa mencari layanan kesehatan rawat inap diwilayah perkotaan.

Namun stigma itu mulai berubah menyusul diresmikannya gedung klinik pengobatan dan rawat inap PMI Kabupaten Cilacap yang ada di Desa Selarang, Kecamatan Kesugihan. Klinik tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji, Kamis (28/03/19) pagi.

Klinik itu dibangun diatas lahan seluas sekitar 5 ribu meter persegi dan dengan menggunakan dana lebih dari 5 milyar rupiah dari sejumlah sumber dana, yakni Kas PMI dan APBD Kabupaten Cilacap. Fasilitasnya meliputi poli umum, rawat inap, layanan obat, IGD 24 jam, hingga layanan ambulans 24 jam.

Dalam sambutanya Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji mengatakan, kualitas kesehatan sumberdaya manusia merupakan salah satu indikator keberhasilan program pembangunan di Cilacap. Sehingga dengan diresmikannya Klinik pratama rawat inap PMI di daerah pinggiran tersebut diharapkan dapat membantu kinerja Pemkab dalam bentuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan khususnya rawat inap.

Lebih lanjut, hadirnya gedung baru tersebut nantinya bakal didukung sejumlah tenaga medis ahli dan berbagai alat penunjang kesehatan berkualitas. Bahkan kedepanya keberadaanya Klinik Pratama PMI tersebut bakal didorong menjadi Rumah Sakit.

“Implementasi Bangga Bangun Desa. Jadi saya pengin tidak hanya membuat rumah sakit di PMI dan untuk apa, untuk memfasilitasi orang – orang sakit di Cilacap,” imbuhnya.

Sementara wakil ketua PMI Jateng – M Tohari mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkab dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Bahkan klinik pratama rawat inap milik PMI Cilacap tersebut dinilai menjadi tempat pelayanan rawat inap yang pertama di Jateng. Sebab diwilayah Kabupaten lain, seperti Klaten dan Boyolali hanya terdapat fasilitas kesehatan berupa Poliklinik. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *