Silaturahmi Kebangsaan Untuk Rekonsialisasi Pasca Pemilu

Pesta Demorkasi Pemilu Serentak 17 April kemarin telah selesai dilaksanakan. Kendati penghitungan suara resmi dari KPU belum muncul tetapi, hasil hitung cepat dapat menjadi salah satu parameter untuk menentukan kemenangan. Dan dapat dipastikan hasil pemilu ini tidak akan memuaskan bagi semua pihak. Namun ini menjadi konsekuensi dari sebuah kontestasi politik, ada pihak yang tampil sebagai pemenang dan pihak yang tersungkur dalam kekalahannya.

Sepanjang tidak bereskalasi menjadi upaya untuk mendelegitimasi penyelenggaraan pemilu, maka ketidakpuasan itu menjadi wajar sebagai bagian dari buah demokrasi. Namun demikian, demokrasi yang telah mengakibatkan munculnya berbagai konflik harus segera diakhir dengan rekonsiliasi.

Di Cilacap, upaya ini sudah dilakukan dengan acara Silaturahmi Kebangsaan yang dilaksanakan pada Senin siang tadi di Pendopo Kabupaten. Silaturahmi Kebangsaan ini melibatkan Bupati, Kapolres, Dandim, Dan Lanal dan anggota Forkompimda lainnya. Tak ketinggalan Forum Kerukunan Umat Beragama – FKUB, para pimpinan parpol di Cilacap serta perwakilan tim pemenangan 01 dan 02.

Semua pembicara yang mendapat kesempatan tampil di acara ini, menyerukan soal kedamaian dan rekonsialisasi karena pemilu damai, aman dan lancar sudah terlaksana.

Usai acara Kapolres AKBP Djoko Julianto kembali menegaskan agar semua pihak tetap menjaga silaturahmi dan kamtibmas karena pencoblosan Pemilu Serentak sudah selesai dilaksanakan.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan, secara umum situasi kamtibmas di Kabupaten Cilacap pascapencoblosan Pemilu Serentak tetap kondusif. Dan kegiatan Silaturahmi Kebangsaan yang dilaksanakan itu katanya menjadi yang pertama digelar di Jawa tengah. (ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *