Ironis, Capaian Pajak Kendaraan Tinggi Tapi Tunggakan Fantastis

Kasi PKB Samsat Cilacap Yudho Firstiyono (kiri) bersama Kasatlantas Polres Cilacap AKP Ahmad Nur Ari (kanan) bersinergi melakukan program sadar bayar pajak, pada bulan Ramdhan 1440 H lalu , di sekitaran taman KNPI Cilacap.

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB  di Kantor Unit Penggelolaan Pajak Daerah – Samsat Induk Cilacap maupun  pembantu, keliling dan pelayanan samsat malam hari, diklaim terus mengalami peningkatan. Tahun 2019 hingga Mei saja sudah mampu mencapai 1,5 miliar, sedangkan selama 2018 hanya berkisar 1,4 miliar.

Ironisnya dalam peningkatan ini justru terjadi tunggakan pajak kendaraan bermotor yang cukup fantastis dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Tercatat masih ada lebih dari 191 ribu  unit kendaraan yang menunggak pajak dengan estimasi nilai tunggakan mencapai 30 miliar.

Kasi Pajak Kendaraan Bermotor – Yudho Firstiyono menyatakan, Samsat Cilacap telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi adanya tunggakan maupun keterlambatan pembayaran pajak. Seperti jemput bola dengan door to door mendatangi rumah wajib pajak. Sosialisasi budaya wajib pajak melalui berbagai media, baik pemberitaan maupun akun media sosial resmi milik Samsat Kabupaten Cilacap.

“Setiap hari Samsat Induk maupun Samsat Majenang juga bekerjasama dengan Polres Cilacap melakukan razia tertib administrasi kendaraan bermotor,” imbuhnya.

Yudho menghimbau, setiap wajib pajak yang masih menunggak maupun belum sempat membayar pajak untuk lebih tertib melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku. Sebab katanya pajak merupakan salah satu penunjang kemajuan pembangunan suatu daerah, dalam hal ini Kabupaten Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *