Di Gencarkan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Gedung Bertingkat

Karyawan Atrium Premier Hotel Cilacap dalam aksinya pada simulasi penanganan kebakaran di gedung bertingkat.

Ancaman kebakaran di Cilacap dinilai perlu menjadi perhatian seluruh kalangan, baik dari masyarakat maupun pegawai yang bekerja di gedung bertingkat. Sebab terjadinya kebakaran selain tidak dapat diprediksi waktu maupun tempatnya, namun juga seringkali menyisakan kerugian materil dan korban jiwa. Oleh karenanya sebagai upaya meminimilisir kerugian akibat kebakaran, sejumlah program edukasi penanggulangan kebakaran terus ditingkatkan oleh dinas terkait.

Seperti yang dilakukan UPT Damkar Cilacap yang menggelar aksi simulasi penanganan kebakaran dengan menggandeng managemen Hotel Atrium Premier Cilacap beserta seluruh karyawannya, Sabtu pagi.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Cilacap, Supriyadi mengatakan, dalam simulasi tersebut, seluruh karyawan hotel diberikan sejumlah edukasi. Mulai dari penanganan ancaman kebakaran secara mandiri menggunaan alat proteksi dan alat pemadam api ringan, kemudian quick respown atau tindakan cepat dalam merespon kebakaran, dan proses evakuasi jika dalam kondisi nyata terjadi kebakaran menimbulkan korban.

Lebih lanjut, pelatihan edukasi penanggulangan kebakaran tersebut dinilai sejalan dengan program inovasi pelayanan publik Balakar dari UPT Pemadam Kebakaran Cilacap yang saat ini masuk dalam kompetisi top 99 inovasi pelayanan publik nasional  2019 oleh KemenPAN-RB di Jakarta. Sebab seluruh elemen masyarakat katanya bukan lagi menjadi objek dalam suatu kejadian, namun memiliki peranan sebagai pemadam kebakaran.

“Kegiatan edukasi penanggulangan kebakaran di gedung bertingkat yang melibatkan langsung seluruh karyawan Atrium Premier hotel Cilacap, diharapkan mampu menjadi pilot projek di lingkungan dinas maupun perhotelan lainnya di Cilacap,” imbuh Supriyadi.

Sementara itu General Manager Atrium Premier Hotel Cilacap, Vebby Supriady menegaskan, edukasi tersebut yang melibatkan seluruh karyawan hotel merupakan wujud komitmen Atrium Premier Hotel Cilacap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu.

“Saya menginginkan seluruh karyawan nantinya mampu mengoptimalkan fasilitas dan sarpras penunjang keamanan maupun alat pemadam kembakaran yang sudah tersedia jika memang suatu saat terjadi ancaman kebakaran maupun potensi bencal,” tegasnya.

Utuk diketahui, selain pelatihan simulasi kebakaran di gedung bertingkat yang bertempat di Atrium Premier Hotel Cilacap, pada hari yang sama juga dilakukan sejumlah pelatihan lainnya. Yaitu penanggulangan bencana alam gempa bumi dari BPBD Cilacap dan penanganan korban gempa bumi maupun kebakaran yang dibantu oleh PMI Cilacap. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *