Pasok Listrik Pulau Nusakambangan, PLN Bakal Bentangkan Kabel Bawah Laut

Sejumlah kegiatan survei lapangan yang dilakukan oleh PLN di sekitar dermaga Sodong Pulau Nusakambangan, Senin (15/07/19) .

Sebagai upaya meningkatkan keandalan pasokan listrik khususnya untuk sejumlah wilayah Nusakambangan dan Kampung Laut Cilacap  Perusahaan Listrik Negara atau PLN berencana akan melakukan pembangunan kabel bawah laut. Oleh karenanya sejumlah  persiapan  mulai dioptimalkan, seperti survey keadaan dilapangan, pemenuhan perijinan maupun tahapan kajian perencanaanya.

Manager Bagian Perencanaan PLN UP3 Cilacap, Fandy Gunawan Sianipar mengatakan, untuk saat ini pasokan listrik Jawa – Nusakambangan sudah terpenuhi dengan menggunakan fasilitas kabel bawah laut milik PT Solusi Bangun Indonesia.  Kendati demikian kabel yang digunakan saat ini kondisinya dinilai telah usang. Oleh karenanya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keadalan pasokan listrik diwilayah tersebut, PLN akan membangun fasilitas saluran listrik kabel bawah laut.

Lebih lanjut, berdasarkan kesepakatan PLN bersama sejumlah dinas maupun instansi terkait, secara teknis kabel khusus bernama SLTE Submarine Cable rencananya bakal dipasang dikedalaman 5 meter dibawah dasar laut dan akan dibentangkan secara sejajar dalam dua bagian.  Kemudian total panjang kabelnya yakni sekitar 1,5 Kilometer  dari wilayah stasiun Kepandu sampai dermaga Sodong Nusakambangan. Sementara pelaksanaanya kedepannya bakal ditangani langsung oleh tim ahli yang dibawahi oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

“Penetapan lokasinya berada di dua titik, yakni sekitar stasiun Kepanduan dan dermaga Sodong Nusakambangan dan itu sudah berdasarkan studi PLN Pusenlis melalui kajian seperti Oceanografi dan lainya,” imbuhnya.

Fandy menambahkan, pembangunan jaringan kabel bawah laut tersebut ditargetkan dapat terealisasi pada tahun 2019. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *