Bawaslu Cilacap Menguggah Kembali Komitmen Mitra Kerja

Kendati hajat demokrasi pemilu serentak telah usai, Bawaslu Kabupaten Cilacap terus menjalankan komitmennya sebagai lembaga pengawasan pemilu, dengan membangun sinergitas bersama mitra kerja Bawaslu. Salah satunya menggugah kembali komitmen bersama mitra kerja Bawaslu sesuai peranannya masing  – masing.

Ketua Bawaslu Cilacap – Bahtiar Hastiarto menyampaikan, sinergitas mitra kerja Bawaslu selama ini dinilai sudah cukup baik. Kendati demikian katanya masih diperlukan penguatan komitmen, serta pemahaman terhadap tupoksi maupun kedudukan mitra kerja dalam mengawal hajat demokrasi pemilu. Bahtiar menuturkan hal ini pada Rakor Bawaslu Bersama Mitra Kerja di Hotel Dafam, Rabu (18/12/19).

Ia menggambarkan, seperti penertiban Alat Peraga Kampanye yang dalam prakteknya membutuhkan peran serta dari mitra Bawaslu. Diantaranya Satpol PP dan Disperkimta. Sebab dalam praktek penertiban APK, Bawaslu seingkali membutuhkan peran mitranya tersebut, lantaran pelanggaran APK yang ditemui pada pemilu lalu dinilai cukup membuat kewalahan petugas. Diantaranya akibat ukuran Baliho yang terlalu besar, maupun spanduk yang dibentangkan  tidak terjangkau oleh petugas.

Bahtiar mengungkapkan, hajat demokrasi pemilu tidak lepas dari tindakan praktek money politik. Kondisi ini dinilai sebagai pekerjaan rumah bersama yang harus segera diselesaikan. Antara lain upaya preventif pencegahannya maupun dalam pengawasan hingga penindakannya secara hukum. Terhadap hal ini pihaknya sudah merealisasikan melalui pembentukan Desa anti politik uang.

“Setelah mengikuti  Rakor Bersama Mitra Kerja, kami harapkan nantinya Bawaslu bersama rekanan kerjanya termasuk unsur media, dapat menyelesaikan persoalan maupun tantangan yang bakal dihadapi pada pemilu mendatang,” pungkasnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *