3 Puskesmas Di Cilacap Terakreditasi Paripurna

Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Cilacap berhasil mencatatkan prestasinya dipenghujung akhir tahun 2019. Dari 38 Puskesmas yang ada, tiga diantaranya kini resmi menyandang status akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI. Yakni meliputi Puskesmas Majenang I, Dayeluhur II dan Cipari. Sedangkan beberapa Puskesmas lainnya dinyatakan telah terakreditasi madya menjadi utama dan ada juga yang masih menunggu hasil penilaian tersebut.

Selain tiga Puskesmas, terdapat pusat pelayanan kesehatan lainnya yang mendapatkan akreditasi Paripurna. Seperti RSUD Cilacap dan Rumkitban. Penyerahan akreditasi tersebut berlangsung di ruang Jalabumi Setda Cilacap, Kamis kemarin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap – Dian Setiabudi mengatakan, prestasi tersebut  dinilai menjadi salah satu bukti nyata keseriusan Pemkab Cilacap dalam meningkatkan kualitas pelayanan khususnya bidang kesehatan.

Lebih lanjut, seluruh Puskesmas di Cilacap pada awal tahun 2020, ditargetkan dapat   menjadi Badan Layanan Usaha Daerah atau BLUD. Pasalnya dari sejumlah persiapan seperti SK nya dinilai sudah diserahkan kepada 38 Puskesmas.

“Semuanya sudah di evaluasi dan SK nya, nanti diawal tahun 2020 ditargetkan semua dapat menjadi BLUD,” jelas Dian.

Kendati demikian, dengan menjadi BLUD, pelayanan dasar Puskesmas diharapkan tetap sama. Yakni promotif dan preventif. Sesuai dengan visi-misi Bupati pada pilar kesehatan Pemkab komitmen memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Dicontohkan, sejumlah Puskesmas yang sebelumnya cukup layak, seperti Puskesmas Karangpucung, Bantarsari, Gandrungmangu yang direlokasi, Sidareja yang bisa menjadi embrio Rumah Sakit, dan Cilacap Selatan 2, semuanya saat ini katanya sudah cukup bagus.

“Dengan meningkatnya kualitas sejumlah tempat pelayanan kesehatan di Cilacap nantinya dapat mempermudah sekaligus memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya Kabupaten Cilacap,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji mengapresiasinya dan pihaknya juga berharap agar berbagai prestasi yang diraih, untuk terus dipertahankan maupun ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *