Ikan Paus Sepanjang 10 Meter Terdampar di Sungai Parid Kawunganten

Ikan Paus berukuran Raksasa berhasil diselamatkan warga desa Ujungmanik Kawunganten Cilacap.

Masyarakat Dusun Parid, Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap digegerkan dengan terdamparnya ikan Paus berukuran besar di sungai setempat, Sabtu pagi.

Kepala Desa Ujungmanik – Sugeng Pujiatno mengatakan, ikan dengan panjang 10 meter tersebut  disinyalir terdampar akibat terbawa gelombang pasang air laut. Pasalnya dari laporan yang diterimanya dari sejumlah nelayan, kondisi air laut sempat mengalami pasang cukup tinggi pada Sabtu subuh, waktu setempat. Sementara ikan Paus tersebut diketahui warga setelah air sungai mengalami surut.

Lebih lanjut,  melihat kondisi ikan paus yang sudah mulai lemas, puluhan warga Desa Ujungmanik bersama aparat kepolisian setempat melakukan sejumlah upaya evakuasi hewan mamalia laut tersebut. Di gambarkan, menggunakan tali tambang puluhan warga berhasil  menarik ikan paus tersebut ke tengah sungai. Kemudian setelahnya digiring  menuju perairan palawangan hingga laut lepas.

“Ada luka karena ikan Paus itu sempat panik dan stres, mungkin kena material yang ada disungai. Tapi kita berhasil mengevakuasinya dan menggiring ke arah laut lepas,” jelasnya.

Sugeng menambahkan, kejadian terdamparnya ikan paus berukuran raksasa di wilayahnya tersebut, merupakan yang pertamakalinya.  Sementara dari kejadian itu pihaknya turut mengapresiasi usaha dari masyarakat maupun pihak kepolisian yang telah peduli terhadap hewan mamalia tersebut.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *