Pemkab Cilacap Serius Kembangkan Agrowisata

Kepala Dinas Pertanian Cilacap – Supriyanto bersama sejumlah Kepala maupun jajaran Dinas lainya melakukan kunjungan ke Kawasan Kebun Buah, di Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Jumat (17/01/2020).


Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian terus berupaya mengembangkan potensi kawasan kebun buah, di Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi. Salah satu hal yang saat ini sedang difokuskan adalah, menjadikan kawasan kebun buah Jambusari sebagai destinasi wisata baru di Cilacap.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap – Supriyanto mengatakan, kawasan buah Jambusari yang memiliki luas sekitar 8 hektar, katanya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Jika sebelumnya dirancang sebagai show windows atau etalase holtikultura khususnya buah-buahan di Cilacap, namun saat ini sedang dikembangkan untuk menjadi destinasi Agrowisata maupun wisata edukasi.

Dijelaskan, kawasan buah ini diharapkan menjadi wahana pembinaan, penyuluhan, dan pengenalan bagi anak-anak muda dan pramuka. Sedangkan untuk destinasi wisata lainnya katanya tidak menutup kemungkinan akan dilengkapi dengan sejumlah wahana rekreasi keluarga.


Olehkarenanya guna mendapatkan hasil yang optimal dalam pengembangan Kawasan Kebun Buah Jambusari, Dinas Pertanian telah menindaklanjutinya dengan menggandeng Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap.


Supriyanto menggambarkan, bentuk kerjasama yang bakal dilakukan antaralain pengembangan lahan maupun pengelolaan wisata. Terkait hal tersebut kedua Dinas, baik Pertanian maupun Pariwisata hari ini sudah melakukan kunjungan secara langsung ke lokasi untuk melihat semua potensi yang ada untuk dikembangkan.

“Kami mencoba menawarkan ini kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata. Untuk kedepanya dijadikan destinasi wisata. Sehingga kita akan bangun Fasilitas pendukung. Seperti akses jalan yang lebih baik, kemudian lahan parkir dan wahana sepeda air yang akan ditempatkan dikolam bagian depan,” jelas Supriyanto.

Supriyanto berharap, kedepanya kawasan kebun buah Jambusari benar – benar dapat menjadi salah satu destinasi unggulan di Cilacap. Sehingga dia menekankan kepada seluruh pihak khususnya pengelola, untuk dapat menjalankan tupoksinya secara optimal.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap Heroe Harjanto

Sementara Kepala Dinas Pariwisata – Heroe Harjanto mengatakan, Dinas Pariwisata sejauh ini sudah memiliki gambaran maupun rencana mengenai pengembangan wisata kebun buah Jambusari. Diantaranya bakal di bangun sarana pendukung berupa semacam gedung pertemuan.

“Terkait fungsinya, bangunan tersebut diproyeksikan menjadi salah satu spot kegiatan maupun festival, yang juga dapat mendatangkan para pengunjung. Selain itu manfaat lainnya adalah sebagai sarana edukasi taman buah tersebut,” imbuh Heroe.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *