Genjot Minat Baca, Dinas Arsipus Bakal Hadirkan iCilacap

Sebagai upaya menggenjot minat baca khususnya generasi milenial, Pemkab Cilacap melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan atau Arsipus Kabupaten Cilacap terus melakukan inovasi dalam sejumlah program kerjanya.  Salah satunya dengan berencana meluncurkan program layanan peminjaman buku bacaan dengan menggunakan aplikasi berbasis digital. Hal tersebut diungkapkan Kadinas Arsipus Cilacap – Supriyanto usai kegiatan Forum Perangkat Darerah (Konsultasi Publik) Renja 2021 di Ruang Audio Visual Dinas Arsipus Cilacap, Senin (03/02/20).

Supriyanto mengatakan, masyarakat yang tidak sempat datang ke perpustakaan nantinya dapat langsung membaca buku melalui “iCilacap” dengan gratis. Aplikasi tersebut dapat di-download secara gratis di Playstore oleh siapapun selama memiliki jaringan internet. Bahkan dalam perkembangannya, iCilacap juga akan memiliki fitur offline yang dapat diakses oleh pengunjungnya. Sehingga untuk daerah di Cilacap yang masih minim jaringan internet, diklaim nantinya juga dapat merasakan kemudahan dalam memenuhi keinginannya untuk membaca literasi melalui aplikasi digital “iCilacap” tersebut.

Dijelaskan, aplikasi “iCilacap” merupakan program kerjasama Dinas Arsipus Kabupaten Cilacap bersama dengan PT Woolu Aksara Maya. Yakni perusahaan berbasis teknologi digital yang juga dikenal sebagai pelopor pengembang social reading application. Aplikasi tersebut katanya bakal diluncurkan pada momen hari jadi Kabupaten Cilacap mendatang.

“iCilacap adalah bentuk inovasi dari program layanan perpustakaan yang sebelumnya pada tahun 2017 sampai 2019 sudah ada, yakni E-Pusda. Kehadiran iCilacap akan menyuguhkan warna berbeda dengan sejumlah konten menarik untuk masyarakat Cilacap. Baik untuk yang online maupun offline,” ungkap Supriyanto.

Supriyanto optimis dengan aplikasi iCilacap,  nantinya minat baca masyarakat dapat semakin meningkat. Sebab aplikasi tersebut katanya dapat dijangkau oleh semua kalangan, dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Sementara Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap – Uong Suparno mengatakan, program inovasi yang sedang digagas Dinas Arsipus Cilacap merupakan hal yang baru untuk di Jateng. Bahkan iCilacap dinilai akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM diseluruh daerah dilingkup Kabupaten Cilacap. Selain itu  program tersebut dianggap selaras dengan sejumlah program Pemkab Cilacap dalam mengikuti perkembangan revolusi  industri 4.0. Yakni salah satunya Cilacap SmartCity, yang belakangan diketahui sedang mulai dikembangkan oleh Diskominfo Cilacap.

“Tentunya kami mendukung program inovasi iCilacap ini, karena memang selaras dengan program lain yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap. Yakni Cilacap SmartCity,” pungkasnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *