Pemkab Cilacap Kirimkan Bantuan 10 Ribu Masker Ke Hongkong

Pemkab Cilacap mengirimkan bantuan 10 ribu masker untuk pekerja migran Indonesia (PMI) asal Cilacap yang ada di Hongkong. Bantuan masker ini untuk meminimalisir penularan virus corona (2019-nCoV) yang saat ini telah menjadi wabah dunia.

Bantuan yang didukung oleh Baznas dan Palang Merah Indonesia cabang Cilacap  tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Sekda  Cilacap  Drs. Farid Ma’ruf ST, MM  mewakili Pemkab Cilacap, di Pendopo Kabupaten Cilacap, Selasa (18/02/20).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cilacap – Dr Pramesti Griana Dewi MKes MSi menjelaskan, bantuan ini dikirimkan berdasarkan permintaan PMI Cilacap di Hongkong yang mengeluhkan adanya kelangkaan stok masker dan harga jualnya yang mengalami kenaikan secara signifikan sejak munculnya Covid-19. Sehingga para pekerja migran kesulitan mendapatkan masker untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Terlebih letak geografis Hong Kong yang sangat dekat dengan pusat pandemi di Wuhan Mainland China dan  adanya kemudahan akses keluar masuk Hong Kong – China, membuat penyebaran virus corona menjadi semakin cepat. Hal tersebut dinilai telah menjadi kekhawatiran tersendiri untuk para PMI di Hong Kong, termasuk PMI asal Cilacap.

Oleh karena itu, Pemkab Cilacap segera merespon surat keluhan yang sebelumnya sudah dilayangkan oleh Koordinator Forum Komunitas Warga Cilacap di Hong Kong – Sri Martuti atau dikenal akrab dengan panggilan Judy kepada Bupati Cilacap. Yakni  dengan mengirimkan bantuan berupa 10 ribu masker.

“Rencananya 10 ribu masker dari Pemkab Cilacap itu akan dialamatkan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong untuk didistribusikan,” ungkap dr Pramesti.

Sementara itu dihubungi Bercahaya FM, Koordinator Forum Komunitas Warga Cilacap di Hong Kong – Judy mengatakan, dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemkab Cilacap yang telah merespon keluhan PMI asal Cilacap di Hongkong. Ia berharap bantuan 10 ribu masker tersebut dapat segera sampai di Hongkong.

“Saya mewakili PMI asal Cilacap di Hongkong mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Cilacap khususnya Bupati maupun Wakil Bupati Cilacap, Dinas Kesehatan, Baznas, Palang Merah Indonesia Cilacap, dan juga semua media yang telah membantu kami dalam hal pengadaan maupun pengiriman bantuan masker ke Hongkong,” ungkapnya.

Disinggung soal pendistribusian bantuan masker tersebut, Judy menegaskan, secara teknis bantuan itu akan dibagikan melalui organisasi – organisasi TKI Cilacap di Hongkong.    Selain itu pihaknya juga sudah berkordinasi dengan konsul polisi dan konsul tenaga kerja KJRI di Hongkong untuk membantu pengawasan pendistribusian bantuan tersebut. Sehingga diharapkan nantinya dapat benar – benar tepat sasaran atau disalurkan untuk TKI di Hongkong asal Cilacap.  

“Nantinya akan kita bagikan melalui organisasi – organisasi TKI Cilacap di Hongkong.  Untuk memastikan bantuan itu diterima dengan tepat sasaran, saya juga sudah berkordinasi dengan konsul polisi dan konsul tenaga kerja KJRI di Hongkong untuk membantu pengawasan pendistribusian bantuan tersebut,” kata Judy.  

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *