Sejumlah WNA Eks WBP Lapas Nusakambangan Di Deportasi

Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap kembali memberikan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi kepada eks warga binaan pemasyarakatan atau WBP pada Kamis malam (20/02/20).

Yakni kepada warga negara Nigeria bernama Ronald Ngozi Igbojike bin Charls (55) yang diketahui merupakan eks WBP Lapas Permisan.

Kakanim Kelas II Cilacap melalui Kabag Humas – Yan Edo membenarkan deportasi WN Nigeria tersebut.

Pihaknya menjelaskan, deportasi dilakukan setelah yang bersangkutan mendapatkan Travel Dokumen dari Kedutaan Nigeria di Jakarta.

Lebih lanjut, hak serupa sebelumnya juga dilakukan terhadap eks WBP Lapas Kembang Kuning, yakni WN asal Iran bernama Sohrab Jehouni bin Asgar (36) dan Faradin Fadaeipa bin Gaherman (42) pada Selasa (18/02/20) kemarin.

“Kita sebelumnya di hari Selasa kemarin juga melakukan hal yang sama terhadap dua orang Eks WBP Lapas Kembang Kuning Nusakambangan Cilacap,” ungkap Yan Edo.

Yan Edo mengatakan, terkait proses deportasi tersebut, pihak Keimigrasian sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Kedubes negara yang bersangkutan. Selain itu secara keseluruhan, pemulangan WN Nigeria maupun Iran ke negara asalnya mendapatkan pengawalan dari petugas. Khususnya seksi Inteldakim Kanim Cilacap sampai keberangkatan ke negara asal melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta.

“Biaya pemulangan atau deportasi tidak ditanggung oleh Pemerintah Republik Indonesia, tapi dibebankan pada pemerintah negara asal WNA. Karena memang kita hanya sebatas mengantar ke Jakarta,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *