Guru Dituntut Bisa Ciptakan Inovasi Pembelajaran

Perkembangan era revolusi industri 4.0 berdampak pada perubahan di berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Karena itu, peran guru dinilai sangat penting untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dan handal untuk menghadapi era disrupsi ini. Terlebih dalam mendongkrak antusias belajar murid, Guru dituntut  mampu untuk terus berinovasi dan mengenali potensi  diri dan diimplementasikan kepada setiap anak didiknya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Cilacap – Budi Santosa, pada kegiatan pelatihan Praktik Baik Modul 1 “Pembelajaran dan Budaya Baca”, di Hotel Sindoro, Senin (24/02/20).

Lebih lanjut, pihaknya meminta seluruh peserta yang hadir, mulai dari guru mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Inggris, khususnya pada jenjang SMP dapat benar – benar mengikuti semua proses pelatihan tersebut dengan baik. Ia juga menghimbau nantinya hasil pelatihan dapat diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar pada siswa di sekolah.

“Kita harus bersyukur karena dapat mengikuti kegiatan pelatihan dari Tanoto Foundation sebagai salah satu organisasi filantropi yang menunjukan komitmennya dalam membantu memajukan pendidikan di Indonesia melalui Program PINTAR,” ungkap Budi Santosa.

Budi Santosa mengatakan, terkait pelatihan yang sedang dijalani saat ini selaras dengan program Merdeka Belajar, Merdeka Guru dan Merdeka Sekolah yang belakangan ini digaungkan Kemendikbud.

“Sehingga setiap guru yang mengikuti pelatihan dari Tanoto Foundation ini saya minta untuk dapat mendokumentasikan dengan baik. Sehingga nantinya dapat menjadi bekal  yang bisa diaplikasikan langsung, terutama sebagai bentuk tanggung jawab moral terhadap dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Cilacap,” kata Budi Santosa.

Budi menambahkan, tantangan dunia pendidikan saat ini maupun kedepan,  dinilai akan semakin kompleks. Sehingga diperlukan bekal yang kuat dari setiap guru untuk menghadapinya. Yakni salah satunya dengan memperkuat soliditas internal melalui komunikasi yang baik.

(guruh)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *