Permohonan Poligami Lewat Online, Di Cilacap Sudah Ada Ratusan Pendaftar

Pengadilan Agama menyediakan pelayanan permohonan poligami secara online. Permohonan ini dapat dilakukan secara daring via layanan E-Litigasi.  Pelayanan ini disediakan dengan tujuan agar pemohon tidak bolak-balik ke pengadilan. Hal tersebut disampaikan Kepala Pengadilan Agama Cilacap – Drs. H. Saefuddin Turmudzy, M.H. , Selasa (25/02/20).

Saefudin mengatakan, kendati pendaftarannya dapat diajukan melalui sistem online, pemohon diwajibkan untuk tetap menjalani seluruh aturan yang berlaku lainya. Salah satunya seperti menjalani proses persidangan secara resmi, dan tentunya istri sebagai pihak termohon harus mengetahuinya.

“Untuk pendaftaran yang melalui pengacara harus menggunakan online itu dengan E – Court,” kata Saefuddin Turmudzy.

Disinggung soal  jumlah pemohon, pihaknya mengungkapkan saat ini untuk Kabupaten Cilacap ada sekitar 300 orang yang mengajukan poligami melalui layanan berbasis online E-Litigasi.

“Sampai dengan saat ini sudah ada sekitar 300 pendaftar di Cilacap,” ungkap Saefuddin Turmudzy.  

Saefuddin  menegaskan, layanan ini diluncurkan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh akses keadilan.

“Sebenarnya memang ini untuk memudahkan masyarakat dalam proses pendaftaran saja. Mereka bisa mendaftar dari rumah atau dimanapun dan kapanpun selama ada akses internet. Jadi tidak harus datang ke pengadilan untuk mengantri dan menambah biaya pengeluaran dalam proses pendaftaran” pungkasnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *