Cegah Corona, PPJAI Cilacap Bagikan Ratusan Jamu Empon – Empon

Ketua PPJAI Cilacap – Mukit Hendrayatno tengah membagikan bingkisan jamu empon – empon kepada pengendara yang melintas di simpang Buntu, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Kamis (05/03).

Pasca virus Corona dinyatakan telah masuk ke Indonesia, sejumlah pihak terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebarannya. Seperti yang dilakukan oleh Perkumpulan Pelaku Jamu Alami Indonesia (PPJAI) Cilacap yang membagikan ratusan jamu empon – empon kepada masyarakat disimpang Buntu, Kecamatan Kroya Cilacap, Kamis (05/03).

Ketua PPJAI Cilacap – Mukit Hendrayatno mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PPJAI Cilacap dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona. Sebab berdasarkan penelitian maupun kajian secara empiris dari sejumlah ahli, jamu sehat berbahan baku empon – empon seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis dan sereh, dinilai mampu meningkatkan kualitas kesehatan maupun daya tahan tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Termasuk Virus Corona.

Hari ini puluhan anggota PPJAI bersama Ketua Loka Pom Banyumas – Suliyanto dan BPOM membagikan jamu secara gratis, sekitar 400 jamu dari bahan empon empon. Baik yang sudah direbus dan siap dikonsumsi, maupun bingkisan empon – empon yang dapat dibawa pulang oleh masyarakat,” kata Mukit.

Mukit mengungkapkan, selain dapat membantu masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan, aksi tersebut juga diharapkan dapat menjadi momentum bangkitnya tradisi kebudayaan bangsa. Yakni dengan mengurangi konsumsi obat kimia atau yang bersifat instan.

Kalau dari BPOM , Loka Pom Banyumas sepenuhnya turut mendukung kegiatan ini. Mulai dari ikut dalam proses pembuatannya di Pabrik GP Mandiri, hingga pembagian jamu di sekitar simpang Buntu Kroya. Bahkan kita juga sempat berdiskusi dengan masyarakat, dan mereka cukup antusias menerima jamu tersebut,” ungkap Mukit.

Mukit berharap, masyarakat Cilacap untuk tetap tidak panik dengan adanya isu virus Corona. Namun demikian tetap melakukan upaya pencegahan sesuai arahan pemerintah, dengan menjaga kesehatan tubuh secara mandiri.

Saya kira, masyarakat tidak perlu panik terhadap virus Corona dan kita bisa melakukan pencegahan secara mandiri. Salah satunya mengkonsumsi maupun membuat jamu sehat dari empon – empon,” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *