Diguyur Hujan Lebat, Jalan di Desa Karangpucung Ambles Sedalam 1 Meter

Hujan lebat yang belakangan ini mengguyur wilayah Kabupaten Cilacap, mengakibatkan Jalan Kabupaten di Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, amblas sedalam 1 meter, Rabu (04/03).

Akibatnya, akses utama kendaraan dari Desa Karangpucung menuju ke Desa Gunungtelu – Pangawaren – Cidadap, tidak dapat dilewati kendaraan. Bahkan untuk saat ini jalan Kabupaten sekaligus penghubung Desa ini telah ditutup sementara.

Kepada Bercahaya fm, Camat Karangpucung – Martono mengungkapkan, penutupan akses jalan Kabupaten tersebut dilakukan lantaran sampai saat ini masih terdapat fenomena pergerakan tanah yang cukup cepat dan dinilai dapat membahayakan masyarakat.

Kondisinya separuh jalan Kabupaten ini mengalami amblas sedalam 1-1,5 meter, dan panjangnya mencapai 17 meter. Untuk retakannya sekitar 15 cm – 30cm. Sampai sekarang masih ada pergerakan tanah yang cepat dan kami sudah tutup untuk sementara,” jelas Martono.

Terkait penanganannya, Martono mengatakan, dirinya bersama tim teknis UPT Pemeliharaan Jalan Majenang, perangkat desa, maupun forkopimcam sudah melakukan cek maupun sejumlah pendataan di lokasi jalan ambles tersebut.

Kita sudah membuat keputusan untuk menjadikan daerah sekitar sebagai zona larangan. Pemasangan rambu – rambu dan banner peringatan juga sudah dipasang. Selain itu posko siaga juga sudah dibentuk disalah satu rumah warga,” kata Martono.

Martono menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem yang menyebabkan adanya fenomena tanah bergerak.

“Saya menghimbau masyarakat untuk sementara tidak melakukan aktivitas berkebun maupun lainnya disekitar lokasi amblesnya jalan akibat tanah bergerak. Karena sampai sekarang masih ada pergerakan tanah yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat,” pungkasnya.

(Guruh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *