Diberlakukan Bebas Denda dan BBNKB, Samsat Cilacap : Wayahe – Wayahe Bayar Pajak

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Pengelola Pendapatan daerah (Bapenda) memberlakukan kebijakan pembebasan sanksi asministrasi keterlambatan bayar pajak kendaraan dan gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Program “ Pembebasan BBNKB II dan Denda PKB” ini berlaku di seluruh wilayah Jateng mulai 17 Februari 2020 hingga 16 Juli 2020.

Tujuan program ini antaralain, untuk meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak kendaraan, tertib administrasi dan kepastian hukum kepemilikan kendaraan bermotor, maupun untuk meringankan beban masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kabupaten Cilacap, Yudo Firstyono, SH, MH, pada sosialisasi Pergub Jateng nomor 4 tahun 2020 di pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Jumat (06/03/20).

Lebih lanjut, Yudo mengungkapkan ditahun 2020 ini Bapenda Provinsi Jateng memberikan target perolehan pajak keseluruhan kepada UPPD Kabupaten Cilacap, lebih dari 357 milyar.

Sementara untuk Pajak Bagi Hasil Pemda Cilacap pada tahun 2019 telah terealisasi sekitar 222 Milyar, dan ditahun ini ditargetkan mampu menembus 239 Milyar lebih. Olehkarenanya Samsat Cilacap berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui beberapa program andalannya. Yakni dengan membuka berbagai titik pelayanan, mulai dari Samsat induk, pembantu Majenang dan Samsat Paten Kroya maupun Samsat keliling yang mampu menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap.

Selain itu Samsat juga bakal bersinergi dengan jajaran Kepolisian, Dishub maupun Satpol PP Cilacap untuk gencar melakukan penertiban atau razia bersama, yang nantinya akan dilengkapi dengan pelayanan Samsat Siaga.

Hal ini sesuai dengan semboyan kita  Samsat Cilacap semakin dekat semakin cepat,” kata Yudo.

Yudo berharap, dengan adanya Pergub Jateng nomor 4 tahun 2020, nantinya masyarakat semakin sadar terhadap kewajibannya membayar pajak. Sehingga target pendapatan pajak keseluruhan ditahun 2020 dapat tercapai.

Wani numpaki wani majeki, wayahe – wayahe pembebasan sanksi Pajak Denda Administrasi dan Biaya Balik Nama Ke Dua  Dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” kata Yudo Firstyono.

Sementara itu Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji meminta kepada masyarakat Cilacap untuk mampu memanfaatkan dan mensosialisasikan program maupun kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Ini saya minta kepada masyarakat untuk dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu ini juga penting dan harus disosialisasikan dengan melibatkan seluruh pihak,” kata Bupati

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *