Cegah Corona, Ratusan Pelajar SDN 06 Gumilir Cilacap Gelar Aksi Cuci Tangan Bersama

Kepala Sekolah SDN Gumilir 06 Cilacap – Sugiyanto bersama guru, tenaga kesehatan UPTD Puskesmas Cilacap Utara I maupun anak didik, melakukan aksi cuci tangan dan mengolah jamu empon – empon, Jumat (07/03/20).


Penyebaran virus Corona atau Covid 19 yang diketahui sudah masuk ke Indonesia, membuat sejumlah pihak kini terus menggencarkan berbagai program kesehatan sebagai langkah preventif atau pencegahannya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh ratusan murid dari Sekolah Dasar Negeri Gumilir 06 Cilacap, yang dilibatkan secara langsung dalam praktik pembelajaran mencuci tangan yang baik dan benar.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah setempat, Sabtu (07/03/20).


Kepala Sekolah SDN 06 Gumilir Cilacap – Sugiyanto mengungkapkan, program praktik pembelajaran itu menjadi salah satu cara untuk membiasakan para peserta didik agar lebih peduli terhadap kesehatan.

Kemudian dalam serangkaiannya, anak didik juga dikenalkan pada minuman jamu sehat tradisional yang berbahan baku empon –empon. Bahkan dalam kesempatan yang sama, para murid juga diberikan keleluasaan untuk belajar mengolah jamu sehat tersebut.


Disinggung soal jumlah peserta, Sugiyanto megatakan, mereka berasal dari anak didiknya, mulai dari kelas satu hingga enam. Yakni ada sebanyak 356 murid.

“Kita juga melibatkan 3 orang tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Cilacap Utara 1, yang diposisikan sebagai narasumber pada kegiatan ini,” imbuhnya.



Sementara salah satu petugas kesehatan UPTD Puskesmas Cilacap Utara 1 – Novi Kurniasih mengatakan, kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dikemas dengan praktik pembelajaran mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun, kepada generasi muda khususnya pelajar, dinilai merupakan hal yang positif.


Sebab hal ini dianggap dapat meningkatkan pemahaman terhadap peserta didik mengenai kesehatan. Terlebih dengan menerapkan PHBS dan mengkonsumsi makanan maupun minuman bergizi dan sehat, yang sejauh ini dipercaya mampu mencegah serta meminimalisir penyebaran virus Corona.

“Kita memang saat ini fokus untuk meminimalisir penyebaran virus Corona, dengan mensosialisasikan program PHBS kepada anak – anak SDN Gumilir 06 Cilacap,” kata Novi.


Untuk diketahui kegiatan di SDN Gumilir 06 Cilacap merupakan salah satu implementasi dari metode pembelajaran “Praktik Baik” dari program pintar Tanoto Foundation, yang di prakarsai oleh guru Unit Kesehatan Siswa (UKS) sekaligus fasilitator daerah program pintar tanoto foundation – Krista Adayu.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *