Berantas Praktek Percaloan, Dishub Cilacap Luncurkan E-KIR

Penandatanganan Kerjasama dilakukan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap – Tulus Wibowo (Kiri) dan Wakil Pimpinan BPD Jateng Cabang Cilacap – AB. Yudistira (Kanan), di Kantor Dishub Cilacap, Senin (09/03/20).

Sebagai upaya meminimalisir kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD)  yang diakibatkan adanya praktik pungli dan percaloan, Pemkab Cilacap kembali  menghadirkan inovasi baru dalam  memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarkat.   

Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Cilacap,   pelayanan pembayaran Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau yang sering disebut KIR,  saat ini penerapannya telah  menggunakan sistem berbasis teknologi digital atau online.

Hal tersebut ditandai dengan dilauncingnya layanan E-KIR di Kantor Dishub Cilacap oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman, bersama Kepala Dinas Perhubungan Cilacap, Tulus Wibowo,  dan Wakil Pimpinan BPD Jateng Cabang Cilacap , AB. Yudistira,  Senin (09/03). Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Sekda Cilacap, Farid Maruf, Ketua DPRD CIlacap, Taufik Nurhidayat, jajaran Forkompimda, Kepala OPD dan tamu undangan.

Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman dalam sambutannya mengatakan, kualitas pelayanan publik merupakan salah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya. Olehkarenanya  diperlukan upaya perbaikan dan penyempurnaan secara terus menerus serta berkesinambungan terhadap manajemen maupun administrasi pelayanan publik. Terutama untuk mewujudkan  bentuk layanan yang cepat, tepat,  dan sesuai dengan tuntutan, harapan serta keinginan masyarakat.

Terkait E-KIR, Wabup menyatakan pihaknya mengapresiasi inovasi pelayanan yang diketahui merupakan hasil kerjasama Dishub Cilacap dengan BPD Jateng Cabang Cilacap. Terlebih E-Kir dinilai menawarkan berabagai manfaat serta kemudahan bagi para penggunanya.

“Yang jelas saya mewakili pak Bupati dan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Cilacap sangat mengapresiasi inovasi ini. Sebab  dengan E-KIR ini dapat meminimalisir adanya praktek percaloan yang rawan terjadi disektor pelayanan publik, yang tentunya berimbas pada kebocoran PAD Kabupaten Cilacap,” ungkap Wabup.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap – Tulus Wibowo menjelaskan, dengan adanya E-KIR, seluruh pembayaran PKB atau KIR nantinya tidak lagi dilakukan secara manual atau penerimaan dalam bentuk uang. Hal tersebut ditegaskan merupakan salah satu bentuk komitmen Dishub Cilacap untuk meningkatkan pelayanan semaksimal mungkin terhadap masyarakat. Bahkan jika nantinya ditemukan  adanya keluhan dari masyarakat, pihaknya akan langsung meresponnya dengan cepat.

“Kalau ada keluhan yang diluar non teknis, sampaikan kepada kami dan pasti akan segera ditangani. Bahkan sekarang kalau ada yang memang mencoba – coba untuk bermain akan saya tindak langsung dan saya selesaikan. Karena ini sudah menjadi komitmen kita semua dari jajaran Dishub Cilacap,” tegas Tulus Wibowo.    

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *