Dukung Pertumbuhan Ekonomi, PLN Fokus Garap Pasar Layanan Premium

Manager PT PLN (Persero) UP3 Cilacap – Ahmad Mustaqir (paling kiri) bersama General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY – Feby Joko Priharto (tengah) dalam kegiatan Temu Pelanggan Premium di kantor PLN UP 3 Cilacap, Senin (09/03/20).

CILACAP – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mulai serius menggarap pasar premium untuk pelanggan listrik di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sektor yang dibidik yakni pasar swasta dan instansi pemerintah.

Hal tersebut dinilai sebagai wujud nyata PT PLN yang notabene merupakan salah satu BUMN, dalam menunjukkan kesiapannya Hadir Untuk Negeri. Yakni mendorong pertumbuhan ekonomi didaerah. Termasuk untuk wilayah Kabupaten Cilacap yang dikenal sebagai daerah pro investasi.

Hal tersebut diungkapkan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY Feby Joko Priharto dalam kegiatan Temu Pelanggan Premium di kantor PLN UP 3 Cilacap, Senin (09/03/20).

Lebih lanjut, Feby mengungkapkan, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta sampai dengan bulan Februari 2020 telah melayani Pelanggan Premium sebanyak 47 pelanggan dengan total daya sebesar 227,3 MVA. Mencakup beberapa sektor usaha seperti Industri, Perhotelan, Mall, Refinery Unit, Perguruan Tinggi, Toko Swalayan, Bandar Udara, Perusahaan Air Minum, hingga Rumah Sakit Swasta dan Rumah Sakit Daerah, dan dari Kalangan Pemerintah Daerah.

Sementara untuk wilayah PLN UP3 Cilacap sendiri telah terdapat 10 (sepuluh) Pelanggan Premium dengan total daya sebanyak 35,015 MVA. Dan masih terdapat 6 (enam) Calon Pelanggan Premium lainnya yang masih dalam tahap proses pengajuan.

Terkait manfaat dari layanan Premium, pihaknya menjelaskan, untuk pelanggan layanan Premium nantinya akan mendapatkan jaminan keandalan pasokan tenaga listrik yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pelanggan Reguler.

Yakni salah satunya jaminan anti padam (No Outage) dengan minimal 2 sumber pasokan. Selain itu PLN juga menyiapkan petugas Account Executive yang siap melayani kebutuhan pelanggan sekaligus sebagai media komunikasi yang proaktif antara pelanggan dengan PLN.

Jadi saat ada gangguan pada pasokan utama, maka akan langsung diganti dengan pasokan listrik cadangan.Proses pergantian listrik ini terjadi selama 0,4 detik saja. Sehingga tidak akan mengganggu pasokan listrik untuk pelanggan,” ungkapnya Feby.

Feby berharap layanan pelanggan Premium dari PLN ini dapat diikuti oleh pihak lainnya. Sehingga nantinya kualitas pelayanan PLN kepada masyarakat semakin meningkat dan mampu mendorong peningkatan sektor perekonomian yang saat ini diklaim sudah sangat baik.

Sementara itu, Kepala Lapas Khusus Karanganyar Nusakambangan melalui Kasubbag TU, Ari Adi Kurniawan mengaku, selama ini Lapas Khusus Karanganyar yang memiliki standar penjagaan extra, dinilai sangat membutuhkan support dari PLN. Olehkarenanya pihaknya mengaku merasa terbantu dengan adanya layanan premium tersebut.

Di lapas kami terdapat 1465 cctv yang harus selalu aktif dan mengawasi NAPI dengan dakwaan teroris, dan lain sebagainya. Selain itu kami juga ada instalasi listrik lain yang membutuhkan suplai terus menerus. Kami ucapkan terimakasih kepada PLN yang telah membantu kami,” ungkap Ari Adi.

Senada, dikesempatan yang sama Manager PDAM Tirta Wijaya Cilacap, Sisnaini mengatakan, sejak sebelum menjadi pelanggan premium, PDAM Tirta Wijaya Cilacap masih sering mengalami permasalahan ganngguan. Namun demikian PLN telah menunjukan kepeduliannya dan memperhatikan kendala kelistrikan tersebut
dengan akses informasi dan pelayanan 24 jam baik melalui telp/ whatsapp.

Kami saat ini memang masih menjadi pelanggan premium silver, dan kami juga disarankan untuk mengupgradenya menjadi premium gold dan platinum atau backup UPS, untuk mendapatkan pelayanan yang tepat dan sesuai,” kata Sisnaini.

Untuk diketahui, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY Feby Joko Priharto dalam kegiatan tersebut, turut memberikan sertifikat kepada pelanggan premium diwilayah PLN UP 3 Cilacap.

Diantaranya kepada :

  1. Kepala Lapas Khusus Karanganyar Nusakambangan melalui Kasubbag TU, Ari Adi Kurniawan, mewakili Lembaga Pemasyarakatan Karanganyar Nusakambangan sebagai Pelanggan Premium Silver dengan Daya 555 kVa.
  2. Manager PDAM Tirta Wijaya Cilacap, Sisnaini, mewakili PDAM Tirta Wijaya Cilacap sebagai Pelanggan Premium Silver dengan Total Daya 2 x 555 kVa.
  3. General Manager Hotel Dafam Cilacap, Asep Suparman mewakili Hotel Dafam Cilacap sebagai Pelanggan Premium Bronze dengan Daya 345 kVa.
  4. General Manager Fave Hotel Cilacap, Novi Nur Ardianto, mewakili Fave Hotel Cilacap sebagai Pelanggan Premium Bronze dengan Daya 345 kVa.
  5. Manager Jaringan CV. Lisna Jaya Cilacap, Andri mewakili CV. Lisna Jaya sebagai Pelanggan Premium Silver dengan Daya 197 kVa.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *