Cegah Corona, Disdukcapil Cilacap Hentikan Sementara Layanan Perekaman E-KTP

Sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Covid-19, terhitung mulai Selasa 17 Maret 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cilacap menutup sementara aktivitas pelayanan perekaman E-KTP.

Pengurusan KTP dan KK yang tidak begitu urgen, diharapkan masyarakat bisa menundanya hingga kondisi menjadi kondusif,”kata Kepala Disdukcapil Cilacap, Kosasih Selasa (17/03).

Lebih lanjut, pembatasan serta penutupan layanan tersebut, akan diberlakukan selama 14 hari ke depan diseluruh kantor pelayanan Disdukcapil maupun Kecamatan.

Kita lakukan penutupan sementara untuk layanan perekaman E-KTP ada di 25 titik. Baik di Kantor Disdukcapil Cilacap maupun seluruh kecamatan,” kata Kosasih.


Dijelaskan, meski dibatasi dan sementara ditutup, namun perekaman E-KTP ini tmasih berlaku untuk kepentingan yang sifatnya urgent. Diantaranya perekaman untuk masuk angkatan, orang yang mengurus BPJS, untuk keperluan orang yang sakit, dan anak yang tengah mengurus sekolah ke luar daerah.


Kendati demikian layanan lainnya masih bisa dilakukan. Seperti sejumlah pelayanan pada pendaftaran online non rekam Mulai dari pengurusan pindah masuk, pindah keluar dan pindah data maupun duplikat rekord. Termasuk untuk pengurusan Kartu Identitas Anak atau KIA, dinilai tidak menjadi permasalahan dan masih bisa dilayani.

Tapi kalau untuk pelayanan online atau yang sifatnya non rekam, kami masih bisa melayani masyarakat. Termasuk pengurusan KIA, tidak ada masalah buat kami,” kata Kosasih.


Kosasih menegaskan, pemberlakuan ini bukan dikarenakan adanya kekosongan blanko. Namun bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya dengan cara menghindari keramaian. Mengingat setiap harinya di Kantor Disdukcapil sebagai Kantor Pelayanan dipenuhi oleh masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukan.


Ini kita lakukan sesuai surat edaran dan petunjuk dari Direjen Dukcapil Kemendagri maupun Gubernur Jateng dan Bupati Cilacap, dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid19. Saya berharap masyarakat dapat memahami ini dengan bijak,” pungkasnya.

(Guruh)

foto : ilustrasi perekaman E-KTP sebelum layanan ini ditutup sementara guna mencegah Covid19.

Sumber foto : Guruh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *