Peduli Terdampak Covid19, DPC PKB Cilacap Salurkan Bantuan 5 Ribu Sembako

Ketua DPC PKB Cilacap – H.Syarif Abdillah secara resmi memberangkatkan tim penyaluran bantuan sembako dari program PKB Peduli, di depan kantor Sekretariat DPC PKB Cilacap, Jumat (15/05).

DPC PKB Kabupaten Cilacap menyalurkan bantuan ribuan paket sembako. Kegiatan Baksos ini sebagai bentuk kepedulian PKB pada masyarakat khususnya terdampak pandemi Covid-19 di Cilacap.

Kegiatan ini berlangsung di kantor Sekretariat DPC PKB Cilacap, Jumat (15/05).

Ketua DPC PKB Cilacap – H.Syarif Abdillah menyampaikan, terdapat total 5 ribu paket sembako yang akan didistribusikan menggunakan truk menuju sejumlah wilayah. Pemberian bantuan paket sembako tersebut ditegaskan murni kegiatan kemanusiaan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya guru ngaji, komunitas marjinal , difabel, petani pinggiran, maupun fuqara masakin yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 dan belum terkover bantuan dari Kemensos.

Jadi setelah kita melihat dari evaluasi data DTKS Kemensos dan kita mencoba simulasi di seluruh Desa di Jawa Tengah, guru ngaji itu memang menjadi salah satu sektor yang berpotensi tidak terkover atau masuk didalam DTKS,” kata Syarif.

Olehkarenanya aksi PKB Peduli ini, dinilai sekaligus menjadi salah satu solusi atau cara untuk menjawab kekhawatirannya terkait percepatan fokus pendataan DTKS yang nantinya dinilai belum bisa terupdate dengan baik.

Karena faktanya saat ini standar untuk mendapatkan bantuan dari Kemensos harus terdaftar di DTKS. Sehingga kita berharap ini menjadi solusi jika ada masyarakat yang belum terfasilitasi oleh pemerintah,” ungkap Syarif

Ribuan paket sembako tersebut, lanjut Syarif, berasal dari DPP PKB, kemudian Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Siti Mukaromah, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, maupun sumbangsih rekanan PKB baik ditingkat daerah maupun Jawa Tengah.

Senada, Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Siti Mukaromah dalam kesempatannya mengatakan, aksi kepedulian PKB sebelumnya juga telah dilakukan dengan bekerjasama atau menggandeng sejumlah pihak. Yakni seperti Bank BRI dan KNPI Cilacap.

Sedangkan fokus utama bantuan sembako kali ini adalah guru ngaji yang ada diberbagai wilayah Kabupaten Cilacap.

Kita bahu membahu dari seluruh potensi yang ada di PKB untuk benar – benar membantu masyarakat, khususnya yang terdampak dari pandemi Covid-19,” kata Siti Mukaromah.

Sementara itu Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman yang ketika menghadiri acara tersebut, turut mengapresiasi program kepedulian PKB. Kendati masih menjadi stimulan pertama, namun diharapkan nantinya akan terus dioptimalkan pendistribusiannya. Salah satunya dengan pendataan bersama pihak terkait agar bisa tepat sasaran.

Saya mewakili pemerintah Kabupaten Cilacap mengapresiasi langkah yang baik dari PKB yang sudah membuat gebrakan dan membuat contoh yang baik dari jabatan politik yang tentunya sudah ikut membantu Pemkab Cilacap dalam menangani dampak dari Pandemi Covid-19, khususnya meringankan beban yang dialami oleh masyarakat,” pungkasnya.

(Grh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *