Hari Lahir Pancasila, Bupati Cilacap Ajak Bersatu Lawan Covid-19

CILACAP – Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen mempersatukan bangsa, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Cilacap, di tengah wabah pandemi Covid-19 untuk dapat memulihkan ekonomi dan mencapai kemakmuran sesuai yang dicita-citakan. Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, usai mengikuti upacara Hari Kelahiran Pancasila yang digelar secara virtual, di Ruang Prasanda, Senin pagi.

Kegiatan ini dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekda, para Asisten Sekda, Staf Ahli, serta Kabag di lingkungan Setda.

Kondisi saat ini, lanjut Bupati, yakni  dengan adanya wabah virus corona atau Covid-19, dinilai harus dihadapi dengan rasa optimistis. Terutama melalui semangat Pancasila  cobaan ini diharapkan dapat dilewati dengan baik.

Bupati menyampaikan, Bangsa Indonesia sekarang ini diuji dengan ketangguhan, kedisiplinan, dan kepedulian terhadap sesama. Sementara disisi lain yang tidak kalah penting adalah, diperlukan adanya peranan seluruh pihak guna menumbuhkan kesadaran bersama dalam memerangi Covid-19. Salah satunya dengan memahami, serta menjalankan protokol kesehatan, dan mematuhi aturan pemerintah.

Pemkab Cilacap bersama Gugus Tugas berusaha sekuat mungkin agar Cilacap menjadi zona hijau, jika sudah zero penularan Covid-19, pasti saya akan umumkan New Normal di Cilacap,” katanya.

Sementara itu kegiatan serupa juga dilaksanakan tiap perangkat daerah di kantor masing-masing, dengan didampingi pejabat administrator. Demikian di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, yang sejak jam 6 pagi, telah mengibarkan bendera merah putih sebagai tanda mendukung dan ikut serta dalam memperingati hari bersejarah ini.

Kepala Diskominfo Cilacap – M Wijaya berharap dengan memperingati Hari Kelahiran Pancasila, nantinya dapat diikuti dengan semangat gotong royong seluruh pihak baik pemerintah Kabupaten Cilacap maupun dari lapisan masyarakat untuk menjalani kondisi saat ini, yakni khususnya pandemi Covid-19.

“Kondisi seperti saat ini, memang memerlukan adanya peran serta dari seluruh pihak. Terlebih seperti diketahui sebelumnya, Bupati Cilacap menyatakan bakal mewujudkan new normal. Namun dengan syarat Cilacap sudah benar – benar terbebas dari Covid-19 atau menjadi zona hijau,” kata Wijaya.

Untuk diketahui, kendati kegiatan peringatan Kelahiran Pancasila ini digelar di tengah pandemic Covid-19 dan dilakukan secara virtual, namun tidak menghilangkan suasa khidmat  untuk senantiasa mengingat sejarah kelahiran Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara. Di sisi lain rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila menjagi bagian dari proses pembelajaran yang terus menerus agar Pancasila tetap lestari dan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Foto : Kepala Diskominfo Cilacap – M Wijaya usai mengikuti jalannya peringatan hari kelahiran Pancasila di Kantor Diskominfo Cilacap, Senin 01 Juni 2020. ( Para pejabat Eselon II dan III Diskominfo Cilacap turut ambil bagian dalam peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020. ),

Sumber foto : Diskominfo

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *