Bertagar Hidup Seratus Persen, Peringatan HANI 2020 Bakal Digelar Secara Virtual

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 kali ini diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia, dan termasuk Indonesia.

Dalam peringatan HANI tahun ini, BNN bekerjasama dengan grup band papan atas Slank dan disiarkan secara langsung oleh media elektronik dan melalui live streaming media sosial yang dimiliki oleh BNN dan media sosial lainnya. Kegiatan ini mengusung tag line #HIDUP seratus persen.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional BNN Kabupaten Cilacap – AKBP Triatmo Hamardiono, dalam press rilisnya yang digelar di ruang rapat kerjanya, pada Selasa 23 Juni 2020.

Sementara terkait tag line menggunakan tagar hidup seratus persen, Triatmo menjelaskan, hal tersebut merupakan perubahan citra BNN sebagai garda utama Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba dengan mengubah Pola Otoriatif menjadi Aspiratif. Kemudian yang semula terkesan kaku menjadi lebih fleksibel.

Terlebih kondisi  saat ini dinilai sudah terlalu banyak larangan yang terbukti tidak menjadi larangan. Bahkan masih banyak masyarakat yang justru menjadi penyalah guna narkoba. Sehingga dengan tagline tagar baru ini nantinya diharapkan masyarakat dapat memiliki pilihan lain sebagai alternatif untuk menikmati hidup sehat tidah hanya tanpa narkoba  namun sepenuhnya;.

Lebih lanjut dengan sepenuhnya #Hidup Seratus persen, juga dinilai akan membentuk dimensi Sehat – Sadar – Produktif dan bahagia menjadi capaian yang diharapkan. Dengan demikian pada akhirnya Pilihan Hidup juga diharapkan menjadi sebuah gerakan masal yang menjadi solusi aspiratif dan Hidup Bahagia Sehat Tanpa Narkoba.

Ditengah kondisi pandemi dan memasuki “New Normal” saat ini, seluruh pihak diharapkan mampu untuk tetap meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. Yakni demi menjaga produktifitas dan mewujudkan Hidup Bahagia Tanpa Narkoba”, kata dia.

Sementara itu sebagai bentuk mendukung peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020, Badan Narkotika Nasional – BNN Kabupaten Cilacap turut meramaikannya dengan sejumlah program edukasi melawan Narkotika.

Namun kali ini program tersebut dikemas dengan cara yang unik dan berbeda dari tahun sebelumnya. Yakni tidak hanya dilakukan dengan berkeliling menggunakan Mobil Pemberdayaan Masyarakat, tetapi juga memanfaatkan media live streaming online atau daring yang dapat diakses melalui akun resmi BNN Kabupaten Cilacap. Hal ini dilakukan menyusul adanya kondisi pandemi di Kabupaten Cilacap.

Dia  menjelaskan, secara keseluruhan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Cilacap dalam menyambut HANI 2020, antaralain melaksanakan KIE atau Komunikasi Informasi dan Edukasi tentang bahaya Covid-19  dan Bahaya Penyalahgunaan maupun Peredaran Gelap Narkotika  kepada masyarakat Cilacap. Aksi ini bakal dilakukan secara keliling menggunakan sarana mobil pemberdayaan masyarakat milik BNN Kabupaten Cilacap.

Kemudian melaksanakan Gowes Sehat Anti Narkoba di Kawasan Rawan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Sosialisasi serta pembagian stiker Stop Narkoba. Selanjutnya BNN Kabupaten Cilacap juga menyelenggarakan program edukasi bertemakan Milenial positif produktif dan prestasi. Kegiatan ini secara langsung ditayangkan melalui akun Instagram BNN Kabupaten Cilacap dan juga melibatkan Mbak Duta Wisata Cilacap 2019. Kemudian Live Instagram bersama selebriti tanah air yakni Viky Shu.

Selain itu BNN Kabupaten Cilacap turut menggelar lomba tek tek  bertemakan mars BNN, memasang Baliho, umbul-umbul terkait peringatan HANI tahun 2020.

AKBP Triatmo Hamardiono mengungkapkan, puncak peringatan HANI 2020 di Cilacap bakal diikuti oleh jajaran Forkopimda, di Kantor BNN Cilacap pada Jumat 26 Juni mendatang. Secara teknis pelaksaan upacara peringatan tersebut  dilakukan virtual video confrence live dengan mengikuti kegiatan yang sama di DKI Jakarta dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Peringatan Hani 2020 bakal ditutup dengan menyaksikan konser amal dengan melibatkan Grup Band Slank dengan tema hidup seratus persen,“pungkasnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *