40 Karya Jurnalis Banyumas Raya Siap Beradu di AJP 2021

Cilacap – Lebih dari 40 karya jurnalis wilayah Banyumas Raya siap beradu dan memeriahkan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021. Diketahui, AJP merupakan ajang tahunan paling bergengsi PT Pertamina (Persero) sebagai apresiasi terhadap karya intelektual jurnalistik dari seluruh wilayah Indonesia.

Area Manager Communication, Relations & CSR RU IV Cilacap – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Cecep Supriyatna mengapresiasi antusiasme para jurnalis pada ajang ini. “Luar biasa, antusiasme teman-teman jurnalis dari wilayah Banyumas Raya. Kami jelas bangga dengan tingginya iklim kompetisi di sini, para jurnalis berlomba menyajikan karya terbaik,” ujarnya.

Masih kata Cecep, lebih dari sekedar mengikuti AJP karya-karya jurnalis yang memublikasikan potensi mitra binaan PT KPI Unit Cilacap menjadi catatan penting yang mendokumentasikan program-program Pertamina. “Yang tidak kalah penting dari antusiasme kompetisi adalah bahwa apa yang Pertamina lakukan sudah disebarluaskan secara lengkap oleh para jurnalis,” katanya.

Lebih lanjut Cecep berharap nantinya ada karya jurnalis perwakilan Banyumas Raya yang kembali menorehkan prestasti tertinggi di AJP 2021. “Secara historis, jurnalis Banyumas Raya selalu masuk nominasi, bahkan pernah menduduki posisi tertinggi AJP. Semoga sejarah itu bisa kembali berulang di tahun ini, pembuktian bahwa jurnalis di wilayah kilang Pertamina Cilacap selalu bermental juara,” imbuhnya.

Ditambahkan, kilang Pertamina Cilacap mengangkat sedikitnya 5 program unggulan, masing-masing arboretum mangrove Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan (Kolak Sekancil) di Dusun Lempong Pucung, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut; Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) dan Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas) di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut. “Selanjutnya Kampung Kemiren Asri di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan; Kampung KB ‘Gadis’ di Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan; dan Kampoeng Kepitng Mamaku (Masyarakat Mandiri Kutawaru) di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah,” tambah Cecep.

Senada Lilik Darmawan, salah seorang jurnalis Banyumas Raya menyambut positif semangat berkompetisi para jurnalis pada AJP 2021. “Tahun ini animo teman-teman ikut AJP terutama dari Banyumas Raya sangat tinggi. Bagi para jurnalis, keikutsertaan pada sebuah lomba adalah pembuktian karya sekaligus mengasah kepekaan naluri jurnalistik,” katanya.

Sementara itu AJP 2021 mengusung tema Energizing You untuk kategori media cetak, online, radio, televisi, essay foto, dan publikasi CSR/UMKM Pertamina. Periode publikasi pemberitaan sejak 1 November 2020 – 31 Oktober 2021. Sedangkan batas pengiriman karya pada 31 Oktober 2021