Pemprov Jateng, Menilai Pembangunan RUSPIN di Cilacap Sukses

CILACAP – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan rumah tahan gempa yang di tujukan untuk Komunitas pengrajin gula di Desa karangsari Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Rumah dengan teknologi RUSPIN (Rumah Unggulan Sistem Panel Instan) tersebut, diklaim mampu menahan gempa dengan kekuatan hingga 9,4 Skala Richter (SR). Pembangunan RUSPIN di Kabupaten Cilacap dinilai sukses oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kabupaten Cilacap, Drs. Heroe Harjanto usai melaksanakan peninjauan lapangan pembangunan RUSPIN bersama 40 peserta dari 17 Provinsi di Jawa Tengah di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala Cilacap, Selasa (19/10/21).

“Kegiatan hari ini, kita melakukan peninjauan lapangan, pembangunan RUSPIN, tersebut sebagai bahan kajian dari peningkatan kapasitas Bapenas sejumlah 40 peserta, dari 17 provinsi dan dari pusat, mereka juga melakukan dialog terkait dengan pembangunan RUSPIN di Kabupaten Cilacap,” Jelas Heroe.

Pembangunan RUSPIN di Desa karangsari tersebut, berdasarkan usulan dari komunitas pengrajin gula untuk di bangunkan rumah di tanah/lahan yang sudah dimiliki. Melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jateng, Pemprov Jateng membangun 28 rumah dan satu mushola dari Baznas.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat meninjau pembangunan RUSPIN pada September lalu mengatakan, Program ini telah ditingkatkan kualitasnya hingga mampu mengantisipasi gempa.

“(Pembangunannya) Ini kayak puzzle, tinggal nempel-nempelin. (Membangun) Kerangkanya hanya butuh waktu 10 jam untuk satu rumah. Jadi lebih efisien dalam tenaga kerjanya, juga tahan gempa,” katanya.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

dok : google (ilustrasi RUSPIN)